Mengenal Apa Itu Rentvesting dan Keuntungannya Bagi Milenial No ratings yet.

mengenal apa itu rentvesting

Memiliki hunian pribadi memang menjadi impian semua orang. Tak terkecuali, bagi generasi milenial yang kini banyak memburu rumah sebagai investasi. Di tengah harga properti yang terus naik, justru muncul ide rentvesting sebagai strategi mengelola aset properti. Apa itu rentvesting? Simak penjelasannya supaya Anda paham.

Perlu diketahui, rentvesting atau “rent investing” merupakan strategi home-owning di mana seseorang yang telah memiliki aset properti, memilih untuk tetap menyewa hunian sebagai tempat tinggal utama. Rentvesting dilakukan dengan perhitungan yang matang. Seseorang akan membeli properti di lokasi yang tengah berkembang. Sementara, mereka akan menyewa rumah di lokasi strategis sebagai tempat tinggal utama. Pada akhirnya, bila harga rumah yang dibeli makin tinggi, maka mereka akan menjualnya dan membeli rumah di lokasi lain.

baca juga: Mana yang Lebih Untung, Sewa Apartemen Tahunan atau Bulanan ?

Keuntungan Rentvesting

Berikut ada beberapa keuntungan rentvesting:

  • Biaya perawatan hunian yang rendah (karena tinggal di rumah sewa)
  • Bisa berpindah hunian di tempat yang diinginkan
  • Potensi keuntungan dari pajak
  • Pendapatan tambahan dari properti yang dimiliki (investasi sewa)
  • Potensi keuntungan modal

Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Rentvesting

Sementara itu, sebelum memilih rumah untuk disewakan ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Hal ini dilakukan supaya Anda mendapatkan keuntungan dari rumah yang disewakan. Maka dari itu, sebelum mengambil rumah perhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Mengetahui Budget

Sebelum mengambil rumah untuk rentvesting, pertimbangkan dulu budget yang dimiliki. Pastikan, biaya yang dikeluarkan akan mempengaruhi finansial Anda atau tidak. Maka nantinya seluruh biaya yang telah dikeluarkan akan disesuaikan dengan pendapatan dari sewa rumah. pendapatan Anda dalam sewa harus menutupi pembayaran hipotek dengan uang yang tersisa. Namun, jika tidak, Anda harus menutupi kekurangannya dengan penghasilan Anda sendiri.

2. Lokasi

Soal lokasi, Anda harus menentukan dengan cermat. Meskipun, rentvesting dipilih pada lokasi yang tengah berkembang, namun Anda harus bisa memastikan orang lain akan mau menyewa properti Anda. Pilihlah daerah yang memiliki akses mudah ke kawasan pusat kota atau dekat banyak fasilitas sosial seperti rumah sakit, sekolah, dan lain-lain.

3. Menyiapkan Dana Darurat

Menyiapkan dana darurat adalah cara terbaik sebelum membeli rumah untuk rentvesting. Pastikan Anda memiliki dana darurat untuk pengeluaran yang tak terduga seperti biaya perbaikan. Selain itu, manfaat dana darurat yang lain yakni mempersiapkan pajak sewa rumah dan lain-lain.

4. Mengetahui Karakter Penyewa

Tips terakhir supaya Anda sukses melakukan rentvesting adalah mengetahui sifat penyewa. Di sini, penyewa yang dimaksud adalah calon penghuni/penyewa rumah Anda. Anda bisa berinvestasi pada rumah tapak dengan batasan renovasi dari Anda, jika ingin melepaskan rumah Anda dengan cuma-cuma.  Namun, jika tidak ingin melepaskan rumah begitu saja kepada penyewa, Anda bisa memilih bentuk apartemen.

Itulah tadi penjelasan tentang rentvesting beserta manfaat dan pertimbangannnya. Jika Anda ingin melakukan rentvesting, jangan khawatir properti Anda tidak dilirik oleh penyewa. Gunakan saja Cicilsewa! Dengan Cicilsewa, Anda bisa menyewakan ruko atau rumah dengan cara menampilkan properti Anda di website Cicilsewa. Cicilsewa adalah solusi sewa properti terdepan di Indonesia yang memudahkan masyarakat memperoleh sewa hunian dan ruang usaha seperti Apartemen, Rumah, Ruko, dan Kantor. Lewat Cicilsewa, penyewa dapat memperoleh properti dengan cicilan bulanan tanpa perlu khawatir pembayaran di muka yang membebani akses hunian dan ruang usaha.

Please rate this

Cicilsewa