Home / Blog / blog1 / Tips Mencari Sewa Apartemen Bulanan

Tips Mencari Sewa Apartemen Bulanan

Tips Mencari Sewa Apartemen Bulanan

by: Admin

blog1

Wednesday, 03 Jan 2024

Mencari apartemen dengan cara pembayaran bulanan terkadang tidaklah mudah, ada beberapa faktor dapat mempersulit proses pencariannya. Untuk itu, pemahaman tentang kendala-kendala yang mungkin dihadapi tentunya dapat membantu mempermudah pencarian apartemen yang ideal untuk ditinggali.


Simak beberapa alasan dibalik sulitnya mencari sewa apartemen bulanan beserta solusinya!


  1. Ketersediaan apartemen yang Terbatas

Salah satu tantangan utama dalam mencari sewa apartemen bulanan adalah ketersediaan yang terbatas. 

Terlebih banyak juga apartemen yang mungkin sebenarnya sudah cocok untuk beberapa orang namun terkendala masalah pembayaran dikarenakan menggunakan skema tahunan.

Hal ini biasanya terjadi terutama di daerah perkotaan yang padat penduduk, apartemen bulanan yang sesuai dengan kriteria kita mungkin akan sulit untuk ditemukan. 

Solusinya adalah dengan memulai pencarian apartemen bulanan sesegera mungkin. Pasar sewa dapat berubah dengan cepat, dan apartemen yang sesuai keinginan kamu bisa saja disewa oleh orang lain dikarenakan permintaan pasar yang tinggi. 

Salah satu cara termudah adalah dengan menggunakan platform penyewaan online untuk mendapatkan apartemen yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Selain itu, jangan lupa mempertimbangkan untuk memiliki beberapa pilihan cadangan. Jangan hanya fokus pada satu apartemen, tetapi pertimbangkan beberapa opsi agar kamu memiliki alternatif jika apartemen pilihan pertama ternyata sudah tidak tersedia.

  1. Persaingan Ketat


Persaingan yang ketat dalam pemilihan apartemen tentunya dapat membuat sulit untuk mendapatkan apartemen yang diinginkan. 


Ada beberapa alasan mengapa sewa apartemen bulanan lebih banyak diminati daripada apartemen tahunan. Biasanya sewa apartemen bulanan memiliki kelebihan seperti flexibel dan cocok untuk seorang pekerja yang sering berpindah tempat.


Terlebih jika kamu mencari apartemen bulanan di daerah yang memang diminati banyak orang. Tentunya ini akan membuat persaingan semakin sulit untuk bisa mendapatkan apartemen untuk kamu sewa.


Solusi dari masalah ini adalah dengan meningkatkan daya tarik pengajuan penyewaan kamu dengan menyertakan referensi/track record finansial yang baik, menyertakan surat rekomendasi, atau bahkan menawarkan pembayaran sewa yang lebih tinggi jika memang diperlukan. Tentunya hal ini dapat meningkatkan peluang untuk berhasil.


  1. Kebijakan Penyewaan yang Ketat

Beberapa penyedia atau manajemen apartemen ada yang menerapkan kebijakan penyewaan yang bisa dibilang cukup ketat, seperti persyaratan kredit atau pembayaran uang muka yang besar. 

Hal ini tentunya sangat memberatkan bagi sebagian orang, terlebih jika apartemen tersebut merupakan satu-satunya pilihan hunian mereka.

Solusinya adalah dengan memeriksa persyaratan penyewaan terlebih dahulu dan pastikan kamu memang memahaminya dengan baik beserta konsekuensinya. 

Jika penyedia apartemen meminta dokumen-dokumen tertentu, seperti riwayat kredit atau bukti penghasilan, pastikan kamu memang memiliki semua yang diperlukan. 

Persiapkan juga surat referensi dari tempat sewa apartemen/rumah sebelumnya yang kamu tinggali untuk menunjukkan bahwa kamu adalah penyewa yang bertanggung jawab dan kompeten.

Bagaimana jika kamu cocok dengan apartemen namun ternyata pembayarannya harus dilakukan secara tahunan?

Terkadang mungkin kita telah memantapkan pilihan kita kepada suatu apartemen saat pertama kali mengunjunginya. Namun ternyata skema pembayaran yang diberikan hanyalah tahunan atau pembayaran penuh di muka.

FlexiRent merupakan solusi terbaik jika kamu menghadapi situasi seperti ini. Program FlexiRent dapat mengubah skema pembayaran tahunan menjadi bulanan.

Share