Home / Blog / blog1 / Mau Cari Kontrakan Rumah? Ikuti 5 Tips Ini!

Mau Cari Kontrakan Rumah? Ikuti 5 Tips Ini!

Mau Cari Kontrakan Rumah? Ikuti 5 Tips Ini!

by: Admin

blog1

Tuesday, 05 Apr 2022

Umumnya, orang pasti ingin memiliki tempat tinggal yang berlokasi strategis seperti di kota besar. Namun, hal ini terhambat karena harga rumah yang cukup mahal. Tidak heran, banyak milenial atau pasangan baru yang mencari alternatif lain, salah satunya adalah dengan mengontrak rumah.

Tinggal di hunian yang sementara ini banyak dipilih oleh milenial atau pasangan baru yang ingin tinggal di perkotaan besar. Memilih kontrakan sebagai hunian sementara biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau dan tetap dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai.

Namun, sebelum mengontrak rumah, kamu harus memerhatikan beberapa hal agar tidak salah melangkah. Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan dalam cari rumah kontrakan!

 

TIPS PENTING SAAT MENCARI RUMAH KONTRAKAN

 

1. Menentukan Lokasi dan Melakukan Survey

Dalam memilih rumah kontrakan untuk tempat tinggal sementara, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan budget-mu. Setelah itu, tentukan juga lokasi sebagai pertimbangan jarak menuju tempat kerja dan ke berbagai fasilitas umum di sekitarnya.

Selanjutnya kamu harus memilih posisi rumah kontrakan, apakah kamu ingin tinggal di rumah yang berada di pinggir jalan, di dalam gang, atau di dalam cluster perumahan.

Apabila kamu tidak ingin repot membawa barang yang banyak, maka kamu bisa mencari rumah yang sudah fully furnished. Namun, biasanya kontrakan seperti ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan mengontrak rumah yang kosong.

Setelah menentukan lokasi dan posisi rumah, kamu bisa mencari pilihan rumah di internet atau situs-situs properti yang ada. Biasanya di situs properti, kamu akan dapat dengan mudah menemukan rumah dengan berbagai ukuran dan harga yang berbeda-beda.

Setelah membuat daftarnya, kamu bisa langsung melakukan survey ke lokasi-lokasi yang ada di dalam daftar. Tujuan dari melakukan survey sendiri adalah untuk mengetahui kondisi bangunan rumah apakah sesuai dengan yang ditampilkan di internet.

 

2. Bertanya kepada Pemilik saat sedang Survey/Pengecekan Rumah

Beberapa hal yang penting dicek ialah kamar tidur, kamar mandi, dapur, pasokan air dan listrik, hingga sirkulasi udara dan cahaya yang masuk ke dalam rumah.

Ketika mengecek langsung, kamu juga bisa menanyakan beberapa hal kepada pemilik seperti sistem pembayaran, durasi sewa, hingga hal-hal lain seperti perbaikan dan dekorasi rumah. Ini dilakukan karena biasanya para pemilik rumah tidak ingin penyewa melakukan renovasi atau perubahan, namun ada juga yang membolehkan hal tersebut.

 

3. Perhatikan Lingkungan

Setelah melihat kondisi dalam rumah, jangan lupa untuk memerhatikan juga kondisi sekitar rumah. Kamu bisa berjalan-jalan di daerah dekat rumah tersebut sambil menilai lingkunganya. Dari sini kamu bisa mengetahui apakah lingkungannya tenang atau ramai, rawan banjir atau tidak, ramah akses atau jalanannya kurang memadai, dan lain sebagainya.

Pastikan juga tingkat keamanan di sekitarnya, sebaiknya pilihlah kontrakan rumah yang memiliki lingkungan yang aman dan minim dari kasus kriminal.

 

4. Pastikan Harga Sewa

Ketika kamu sudah menemukan rumah yang tepat, maka langkah yang dapat kamu lakukan selanjutnya adalah memastikan kepada pemilik harga kontrakan rumah, apakah masih terdapat biaya tambahan lain yang belum ditunjukkan sebelumnya? Atau harga tersebut sudah include seluruh fasilitas yang disebutkan pada situs.

Selanjutnya kamu juga dapat menawar harga sewanya. Apalagi jika kamu ingin menyewa rumah dalam jangka waktu yang panjang. Biasanya, pemilik rumah akan memberikan potongan harga jika kamu berhasil melakukan negosiasi.

 

5. Buat Kesepakatan dan Tanda Jadi

Pemilik rumah akan membuat sebuah surat perjanjian sewa rumah dan menerangkan hak serta kewajiban dari penyewanya. Lalu, ada beberapa poin tentang sistem pembayaran dan harga sewa yang dapat disepakati bersama. Isi perjanjian ini biasanya akan memuat berbagai peraturan kontrak dan sanksi yang akan diberikan jika penyewa melanggar atau membuat kerusakan. Jadi sebagai penyewa, tentu sangat penting untuk membaca secara detail berbagai peraturan agar tidak mengakibatkan kerugian di waktu yang akan datang.

Itu dia beberapa tips yang dapat kamu perhatikan saat sedang mencari rumah kontrakan. Namun, ada satu tips lagi yang tidak kalah penting!

Jika kamu sudah menemukan rumah kontrakan yang pas, namun harga sewa yang ditawarkan pemilik harus dibayar tahunan, kamu tidak perlu khawatir! Kamu bisa melakukan pengajuan sewa ke Cicilsewa saat ingin menyewa rumah. Dengan Cicilsewa, maka sewa rumah tahunan bisa dibayar bulanan! Biaya sewa menjadi lebih terjangkau dan kamu tetap dapat menikmati seluruh fasilitas rumah secara lengkap!

 

Share