Home / Blog / blog1 / Waspada! Benda ini Bisa Bikin Boros Pemakaian Daya Listrik di Rumah

Waspada! Benda ini Bisa Bikin Boros Pemakaian Daya Listrik di Rumah

Waspada! Benda ini Bisa Bikin Boros Pemakaian Daya Listrik di Rumah

by: Admin

blog1

Monday, 30 Mar 2020

Biaya hidup yang semakin tinggi membuat banyak keluarga harus mencari cara menekan pengeluaran mereka. Salah satunya adalah menghemat pemakaian daya listrik. Pada beberapa barang elektronik atau peralatan rumah tangga sering kali pemakaian daya listrik yang berlebihan. Hal ini perlu dikurangi agar tagihan listrik tidak membengkak.

Namun, mengontrol penggunaan peralatan di rumah bukan saja bagi pengguna listrik pascabayar yang akan terlihat saat tagihan di akhir bulan. Langkah penghematan juga penting bagi yang menggunakan jenis token atau prabayar. Rata-rata pengguna token merupakan keluarga yang ditinggal rumah kontrakan. Pengguna token ini mungkin lebih sering merasakan kehabisan pulsa listrik saat terlalu banyak menghidupkan barang-barang elektronik yang memerlukan daya besar.

Di sini pentingnya kamu tahu kalau ada beberapa peralatan yang memang cukup menyedot daya listrik di rumah. Ketahui kapan harus dipakai jika tidak bermanfaat sebaiknya tidak usah dihidupkan.

Berikut 10 benda yang bisa membuat pemakaian daya listrik jadi boros.

 

1. AC

Sekarang ini hampir semua rumah menggunakan Air Conditioner (AC) untuk pendingin ruangan. Baik rumah sendiri maupun sewa rumah seperti tidak ada pengaruhnya jika ingin tetap memasang AC. Tanpa keberadaan AC rasanya kurang nyaman untuk istirahat.

Namun demikian, terlalu sering menghidupkan AC bisa membuat biaya tagihan listrik membengkak. Hal itu disebabkan beban daya AC yang cukup besar.  Oleh karena itu, kamu perlu mengaturnya supaya penggunaan listrik tidak terlampau besar. Pertama, buat ruangan tertutup supaya ruangan cepat dingin dan AC bisa dimatikan secepatnya. Kedua, atur suhu sesuai kebutuhan. Ketiga, lakukan perawatan AC secara baik dan rutin.

 

2. Lampu LED

Untuk mengurangi penggunaan daya listrik bisa dengan mengganti lampu penerangan di rumah. Sekarang ini, sudah ada teknologi untuk lampu penerangan yang lebih hemat listrik yakni Light Emitting Diode (LED). Lampu jenis LED memiliki watt yang lebih kecil dari lampu biasanya sehingga tidak menguras daya. Selain itu, lampu ini juga memberikan cahaya penerangan yang baik dan tidak terlalu panas.

 

3. Lemari Es / Kulkas

Benda lain yang bisa menyerap daya listrik cukup besar adalah lemari es. Perlengkapan ini akan menyerap daya listrik jika kamu salah menggunakannya. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan jika sering membuka tutup lemari es maka bisa meningkatkan penggunaan energi refrigerator. Kebiasaan buka tutup lemari bisa menyebabkan udara dingin dari dalam bercampur dengan udara panas dari luar. Akibatnya, proses pendinginan memerlukan energi besar karena suhu yang menurun. Nah, jangan sering buka tutup lemari es, ya.

 

4. Setrika

Benda untuk merapikan pakaian ini juga jadi salah satu faktor yang bisa meningkatkan daya listrik. Umumnya, alat setrika menggunakan daya sekitar 300 watt bahkan lebih dari itu. Besaran daya ini kadang bisa membuat listrik turun tiba-tiba (anjlok). Maka dari itu, sebaiknya jangan sering menggunakan alat setrika atau menyesuaikan dengan kebutuhan.

Di samping itu, kamu juga bisa gunakan setrika listrik yang memiliki teknologi on off secara otomatis. Setrika dalam kondisi sangat panas akan langsung mati dan akan hidup kembali saat kondisi hangat secara otomatis.

 

5. Microwave

Microwave merupakan perlengkapan yang memiliki daya super besar sekitar 700 watt ke atas. Microwave ini memang hanya perlengkapan alternatif, karena umumnya banyak orang lebih menggunakan kompor gas untuk keperluan memasak atau menghangatkan makanan. Namun, bagi yang memiliki perlu tahu penggunaannya supaya lebih hemat listrik. Jangan gunakan microwave setiap hari jika tidak ingin terbebani biaya listrik. Dan ketika ingin menggunakannya sebaiknya matikan barang elektronik lain karena jika daya tidak kuat dapat berakibat listrik turun secara tiba-tiba.  Tentunya, terlalu sering menggunakan microwave, tagihan listrik bisa membengkak.

Mau sewa apartemen atau rumah dengan cicilan terjangkau? Kamu bisa mendapatkannya melalui cicilsewa.id. Bersama cicilsewa.id kamu tidak perlu bayar penuh selama setahun. Cicilsewa.id adalah solusi sewa properti no.1 di Indonesia yang memudahkan masyarakat memperoleh sewa hunian dan ruang usaha seperti Apartemen, Rumah, Ruko, dan Kantor di lokasi paling strategis dan akses termudah. Lewat cicilsewa.id, Anda dapat memperolehnya dengan cicilan bulanan tanpa perlu khawatir pembayaran di muka yang akan membebani kepemilikan hunian dan ruang usaha.

 

Share