Home / Blog / blog1 / Pentingnya Membersihkan Rumah untuk Cegah Virus Corona (Covid-19)

Pentingnya Membersihkan Rumah untuk Cegah Virus Corona (Covid-19)

Pentingnya Membersihkan Rumah untuk Cegah Virus Corona (Covid-19)

by: Admin

blog1

Tuesday, 31 Mar 2020

Virus Corona (Covid-19) kini sedang mewabah di Indonesia. Untuk menghindari penularannya, sangat penting menjaga kebersihan diri dan rumah. Mengapa penting menjaga kebersihan rumah di tengah wabah Covid-19?

Dalam beberapa waktu kedepan, kita akan berada di dalam rumah  cukup lama. Hal ini untuk menghindari dan memutus mata rantai penyebaran virus. Langkah ini merupakan himbauan dari pemerintah kepada masyarakat supaya tidak melakukan aktivitas apapun di luar rumah kecuali untuk keperluan mendesak.

Nah, kamu harus tahu bagian-bagian di rumah yang harus tetap steril dan bersih. Ada bagian tertentu yang sering disentuh dan wajib dibersihkan. Bagian ini sangat rentan didiami virus mungkin karena sering dipegang oleh penghuni atau juga orang lain yang berkunjung.

Tetapi sebelum mulai membersihkan, jangan lupa untuk melindungi diri dengan menggunakan alat pengaman kesehatan. Ingat, virus Covid-19 menular melalui hidung, mulut dan mata. Maka, kamu harus melengkapi diri dengan masker, sarung tangan, pakaian ganti, plastik atau kantong sampah untuk membuang benda yang telah digunakan.

Selanjutnya, ada beberapa bagian di rumah yang bisa dibersihkan untuk mencegah virus Covid-19.

 

1. Gagang Pintu

Gagang pintu adalah bagian yang paling sering disentuh oleh penghuni juga orang lain yang masuk ke dalam rumah. Gagang pintu harus terus dibersihkan selama musim penyakit Covid-19. Kamu bisa gunakan tisu pembersih, alkohol, atau sabun cuci piring untuk membersihkannya. Balur gagang dengan cairan khusus tersebut dan bersihkan dengan kain kering. Cara ini cukup efektif dalam menghilangkan virus dan kuman lainnya.

 

2. Remote TV

Saat #dirumahaja pasti kamu lebih sering menonton televisi. Maka dari itu, untuk berjaga-jaga agar tidak tertular virus kamu bisa membersihkan remote televisinya. Benda ini tentu bukan hanya kamu yang memegang, tetapi penghuni lain juga ikut memegang. Untuk meminimalisir penularan, kamu bisa bersihkan remote tv dengan cairan khusus pembersih kuman.

 

3. Sofa atau Kursi Tamu

Dalam kondisi seperti ini, mungkin masih ada tetangga atau saudara yang datang ke rumah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kalau kamu memperhatikan sofa atau tempat duduk yang digunakan oleh tamu. Kamu bisa membersihkan sofa atau tempat duduk dengan cairan khusus pembersih. Saran ini sekedar untuk mencegah dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain yang di atas, masih banyak bagian lain yang perlu dibersihkan seperti meja makan, lantai, kasur, dapur beserta peralatannya, dan seluruh bagian rumah lainnya. Untuk cara pembersihan, kamu bisa menyemprotkan disinfektan ke seluruh ruangan. Kalau cairan disinfektan sulit didapatkan, kamu bisa membuat sendiri dengan mencampur bahan seperti wipol dengan byclean sebagai cairan pembunuh kuman agar rumah terbebas dari bakteri dan virus.

 

Mau sewa apartemen atau rumah dengan cicilan terjangkau? Kamu bisa mendapatkannya melalui cicilsewa.id. Bersama cicilsewa.id kamu tidak perlu bayar penuh selama setahun. Cicilsewa.id adalah solusi sewa properti no.1 di Indonesia yang memudahkan masyarakat memperoleh sewa hunian dan ruang usaha seperti Apartemen, Rumah, Ruko, dan Kantor di lokasi paling strategis dan akses termudah. Lewat cicilsewa.id, Anda dapat memperolehnya dengan cicilan bulanan tanpa perlu khawatir pembayaran di muka yang akan membebani kepemilikan hunian dan ruang usaha.

 

Share