Mengenal Perbedaan Rumah Cluster dan Townhouse di Indonesia No ratings yet.

Mengenal Perbedaan Rumah Cluster dan Townhouse di Indonesia

Seiring perkembangan zaman, hunian rumah memiliki jenis yang makin bervariasi. Paling terkini adalah jenis rumah cluster dan townhouse. Tentu saja, keduanya merupakan hunian modern yang memiliki kelebihan masing-masing. Lantas, apa perbedaan keduanya? Simak penjelasan berikut!

Beberapa tahun belakangan ini, konsep perumahan cluster dan townhouse memang tengah naik daun. Secara kasat mata, rumah yang termasuk dalam lingkungan cluster ataupun townhouse pun juga tampak mirip. Di sisi lain, permintaan keduanya terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya juga cenderung meningkat. Lalu, apa yang membedakannya? Yup, eksklusifitas yang diberikan tentulah berbeda. Jenis perumahan townhouse memiliki kesan lebih eksklusif dibandingkan cluster.

Nah, untuk lebih rinci, berikut ada beberapa perbedaan antara rumah cluster dengan townhouse yang penting untuk diketahui, di antaranya:

 

1. Jumlah Unit

Jumlah unit townhouse dibuat lebih sedikit dibandingkan rumah tipe cluster. Umumnya, jumlah unit townhouse hanya belasan atau puluhan dalam satu komplek. Sedangkan, perumahan cluster memiliki jumlah unit mencapai ratusan. Perumahaan townhouse memang dirancang dengan unit yang lebih sedikit karena mengedepankan kesan eksklusifitas. Meskipun begitu, keduanya sama-sama berada di satu kawasan dengan akses masuk dan keluar melalui satu gerbang.

 

2. Fasilitas Perumahan Townhouse Lebih Lengkap

Perbedaan berikutnya adalah dari sisi fasilitas. Perumahan townhouse biasanya dilengkapi dengan fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan cluster. Beberapa fasilitas yang tersedia, di antaranya kolam renang, jogging track, gym, lapangan tenis ruang serbaguna, hingga danau buatan. Sementara, perumahan cluster biasanya hanya dilengkapi fasilitas kolam renang atau taman bermain.

 

3. Rumah Cluster Lebih Simpel

Untuk fasad atau tampilan eksterior rumah, jenis cluster lebih cenderung tampak sederhana. Perumahan cluster didesain lebih minimalis dibandingkan townhouse. Sementara, rumah townhouse tentunya memiliki fasad yang lebih mewah dan elegan. Bangunan rumah townhouse biasanya dibuat lebih dari dua lantai bahkan empat lantai.

 

4. Unit Rumah Cluster Lebih Banyak

Target perumahan cluster lebih sering ditujukan untuk banyak orang. Oleh karena itu, jumlah perumahan cluster lebih banyak dibanding townhouse. Sementara, dengan terbatasnya unit, ketersediaan perumahan townhouse lebih terbatas.

 

5. Harga Perumahan Townhouse Lebih Mahal

Harga perumahaan cluster bisa berbeda dengan jenis rumah townhouse. Dengan perbedaan konsep serta fasilitas yang ditawarkan tentunya harga perumahaan townhouse lebih mahal dibanding cluster. Harga 1 unit perumahan cluster berkisar Rp. 300 juta sampai Rp. 1 miliar. Sedangkan harga rumah townhouse paling murah berkisar Rp. 800 Juta dan paling murah bisa mencapai Rp. 2 Miliar lebih.

 

Itulah tadi beberapa perbedaan perumahan cluster dan townhouse. Mungkin bagi yang tertarik memiliki hunian tersebut namun terbentur dengan biaya, untuk sekarang Anda bisa menyewa hunian terlebih dahulu. Sewa hunian bisa jadi lebih mudah dan cepat dengan menggunakan platform Cicilsewa.id, lho! Gunakan platform Cicilsewa.id untuk memudahkan pencarian hunian terbaik sekaligus menghitung biaya sewa ke depan.

Bersama cicilsewa.id kamu tidak perlu bayar sewa secara penuh selama setahun. Lewat cicilsewa.id, Anda dapat memperoleh hunian pilihanmu dengan cicilan bulanan tanpa perlu khawatir pembayaran di muka.

 

Please rate this

Cicilsewa