Home / Blog / blog1 / Membeli Rumah Bisa Lebih Merugikan Dibanding Menyewa?

Membeli Rumah Bisa Lebih Merugikan Dibanding Menyewa?

Membeli Rumah Bisa Lebih Merugikan Dibanding Menyewa?

by: Admin

blog1

Wednesday, 05 Aug 2020

Rumah merupakan hunian impian bagi setiap manusia. Banyak yang berusaha mewujudkan impian tersebut, meskipun harga rumah terus naik setiap tahun. Bagi mereka yang menjadikan rumah sebagai prioritas utama, seringkali tidak memperhitungkan faktor kenaikan harga rumah sehingga berdampak pada beban pengeluaran dan kebutuhan lain.

Kenaikan harga rumah per tahun yang cukup tinggi memang menjadi alasan mengapa banyak orang ingin sekali memiliki rumah. Dan sebagian lain masih merasa kalau sewa rumah adalah pilihan aman dibanding membeli rumah. Nah, buat yang terpikir ingin membeli rumah, sebaiknya jangan terburu-buru sebelum mengetahui berbagai resiko yang harus dihadapi ke depan.

Berikut beberapa resiko yang perlu kamu pertimbangkan saat berniat membeli rumah:

1. Dana Besar

Resiko pertama yang harus dihadapi saat membeli rumah adalah membutuhkan dana yang besar. Jika Anda membelinya secara kredit melalui KPR, tentu ada uang muka yang harus dibayarkan. Uang muka ini biasanya diambil beberapa persen dari total harga jual rumah. Memang banyak developer menawarkan uang DP ringan berkisar Rp1 juta – Rp5 juta rupiah, namun secara perhitungan akan menambah beban cicilan dan lama angsuran.

Sebaliknya, jika membeli rumah secara tunai, tentu dana yang harus dipersiapkan sangatlah besar. Di satu sisi memang tidak ada beban cicilan yang harus ditanggung, namun justru akan muncul masalah lain, misalnya kebutuhan anak sakit karena kecelakaan atau biaya pengobatan orang tua yang memerlukan dana besar. Oleh karenanya, pastikan tetap memiliki uang tabungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

 

2. Banyak Developer Nakal

Dewasa ini memang sangat banyak modus kejahatan termasuk dalam urusan jual beli rumah ataupun tanah. Oleh karenanya, ketika terlalu buru-buru ingin membeli hunian apalagi dengan iming-iming harga yang murah tentu berisiko mengalami penipuan. Sudah banyak kasus dimana calon pembeli yang tertipu oleh developer ‘nakal’, dan akhirnya uang DP mereka tidak kembali. Maka, sebaiknya perhatikan banyak hal, mulai dari kewajaran harga karena tentunya harga rumah akan terus naik per tahun.

 

3. Rumah Bersengketa

Resiko lain yang harus dihadapi adalah mendapatkan rumah sengketa. Umumnya, ketika hasrat memiliki hunian yang tinggi, kita mengabaikan status legalitas rumah itu sendiri. Hal inilah yang sering tidak disadari dan menjerumuskan seseorang membeli rumah yang sedang bermasalah. Belum lagi, ini bisa terjadi karena upaya salah satu pihak yang bersengketa akan mengiming-imingi harga rumah murah tanpa kita tahu status kepemilikan sebenarnya.

 

4. Mahalnya KPR Rumah

Kenaikkan harga rumah per tahun memang akan terus dimanfaatkan oleh para developer untuk menjualnya dengan harga semakin tinggi. Terlebih, harga rumah KPR yang mahal bukan menjadi rahasia baru lagi. Hal ini dikarenakan adanya bunga yang harus ditanggung setiap membayar cicilan rumah. Pada model KPR konvensional, bunga biasanya akan terus naik setiap waktu. Untuk diketahui, semakin lama angsuran KPR yang diambil, maka tanggungan biaya yang harus dibayar akan semakin besar.

 

5. Sita Rumah

Nah, yang satu ini jangan sampai terjadi pada Kamu. Sita rumah itu ibarat sudah jatuh tertimpa tangga. Hal ini biasanya terjadi karena gagal membayar cicilan. Bila kamu tidak sanggup membayar atau telat berbulan-bulan, maka bersiap lah rumah yang sudah Kamu cicil selama ini akan disita oleh pihak bank.

 

Nah, jika membeli hunian rumah sendiri masih dirasa terlalu berat, maka alternatif terbaik adalah sewa rumah atau sewa apartemen. Selain cicilan  yang relatif terjangkau, Kamu juga bisa menyisihkan uang untuk ditabung atau digunakan demi kebutuhan lainnya. Selain itu, sewa rumah atau apartemen akan lebih fleksibel karena bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain mengikuti kebutuhan hunian.

Mau sewa ruko, rumah atau apartemen dengan cicilan terjangkau? Kamu bisa mendapatkannya melalui cicilsewa.id sekarang. Bersama cicilsewa.id kamu tidak perlu bayar penuh selama setahun. Cicilsewa.id adalah solusi sewa properti no.1 di Indonesia yang memudahkan masyarakat memperoleh sewa hunian dan ruang usaha seperti Apartemen, Rumah, Ruko, dan Kantor di lokasi paling strategis dan akses termudah. Lewat cicilsewa.id, Anda dapat memperolehnya dengan cicilan bulanan tanpa perlu khawatir pembayaran di muka yang akan membebani kepemilikan hunian dan ruang usaha

 

Share