Home / Blog / blog1 / Mau Mencari Sewa Rumah Kontrakan yang Ideal ? Berikut 5 Tipsnya

Mau Mencari Sewa Rumah Kontrakan yang Ideal ? Berikut 5 Tipsnya

Mau Mencari Sewa Rumah Kontrakan yang Ideal ? Berikut 5 Tipsnya

by: Admin

blog1

Monday, 30 Mar 2020

Rumah kontrakan kini menjadi pilihan banyak masyarakat. Tingginya harga beli properti rumah menjadi alasan orang-orang lebih memilih mengontrak rumah untuk sementara. Selain itu, biaya sewa rumah juga terbilang cukup terjangkau sehingga jadi solusi tempat tinggal. Harga sewa rumah pun sekarang bisa menyesuaikan dengan jangka waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan.

Meski begitu, tidak mudah pula memilih rumah kontrakan yang ideal sesuai kebutuhan. Ada berbagai pertimbangan yang harus dipikirkan oleh penghuni supaya tidak membebani hidup ke depan. Selain soal harga, faktor kenyamanan harus menjadi prioritas. Meskipun hanya dijadikan tempat tinggal sementara, tetapi ada baiknya kita lebih teliti sebelum memutuskan untuk menempatinya.

Nah, buat Anda yang baru berkeluarga dan ingin mandiri atau memang berniat untuk sewa rumah kontrakan, maka sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

 

1. Sesuaikan dengan Budget

Sebelum Anda memilih rumah kontrakan, sebaiknya pastikan berapa budget (dana) yang dimiliki. Budget akan menentukan rumah kontrakan seperti apa yang akan Anda dapatkan. Cobalah cek budget anda, setelah itu baru pilih rumah  kontrakan dan lokasinya. Dengan budget yang tipis kemungkinan anda akan mendapatkan sewa rumah kontrakan yang kurang maksimal. Lokasinya pun tidak akan terlalu strategis, misalnya di pusat kota. Namun, jangan putus asa, cobalah terus mencari rumah kontrakan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda.

 

2. Harga Sewa yang Terjangkau

Harga sewa tentu berkaitan dengan budget yang dimiliki. Sebaiknya pilih rumah kontrakan dengan harga sewa yang terjangkau. Coba negosiasikan harga rumah kontrakan dengan pemilik. Meskipun anda memiliki budget besar, tidak ada salahnya jika memilih rumah kontrakan dengan harga sewa yang ringan. Nantinya, sisa uang yang ada bisa digunakan untuk keperluan membeli perabotan dan kebutuhan hidup lainnya.

 

3. Tentukan Lama Sewa

Sebelum memutuskan menyewa rumah, sebaiknya pertimbangan lama waktu yang Anda butuhkan. Biasanya perjanjian sewa rumah antara enam bulan atau setahun. Hal ini tentu penting karena menyangkut biaya yang akan anda keluarkan.

Menyewa rumah harus sesuai dengan kebutuhan, misalnya ketika anda hanya ingin menyewa rumah ketika rumah pribadi anda sedang di renovasi, maka sebaiknya ambil rumah dengan waktu sewa enam bulan atau kurang dari waktu tersebut. Lain halnya jika anda baru berkeluarga dan belum memiliki rumah, pilihan sewa rumah dengan waktu setahun lebih hemat dan efisien.

 

4. Perhatikan Kondisi Rumah, Fasilitas Umum, dan Kemudahan Akses Transportasi

Untuk yang satu ini jangan Anda sepelekan. Rumah merupakan hunian untuk tempat anda beristirahat melepas lelah. Pastikan anda mendapatkan rumah yang nyaman dan memiliki banyak kemudahan di sekitarnya. Sebelum anda sewa, coba survei kondisi bangunan rumah tersebut. Pastikan kepada pemilik kalau rumah yang anda akan tempati dalam kondisi baik misalnya atap dan genteng tidak bocor, kondisi dinding yang baik, saluran pembuangan air tidak terganggu, dan lainnya.

Selain itu, ada untungnya juga memperhatikan fasilitas di sekitar rumah. Beberapa fasilitas mungkin sangat anda butuhkan misalnya rumah ibadah, puskesmas,kantor polisi, dan sebagainya. Bila disekitar rumah memiliki fasilitas umum yang lengkap justru akan sangat membantu saat kondisi darurat. Di samping itu, pertimbangkan juga bagaimana akses transportasinya. Mendapatkan rumah yang dekat dengan jalan raya atau mudah dijangkau dengan angkutan umum akan membantu aktivitas anda.

 

5. Bebas Banjir

Nah, banjir memang jadi masalah kebanyakan permukiman sekarang ini. Kondisi tersebut akan cukup mengganggu aktivitas dan kenyamanan di rumah. Terlebih lagi kalau banjir sampai masuk ke dalam rumah, anda akan dibuat repot karena harus mengangkat barang-barang atau bahkan sampai harus mengungsi.

Tapi jangan khawatir, masih banyak daerah yang terbebas dari banjir. Untuk itu, pastikan anda menyewa rumah yang terbebas dari masalah itu semua. Untuk lebih yakin, jangan hanya mengandalkan informasi dari pemilik saja. Cobalah mencari tahu kepada orang-orang yang tinggal di sekitar rumah yang ingin anda sewa. Tanyakan kepada mereka apakah daerah tersebut sering banjir saat hujan. Tentunya warga di sekitar rumah yang ingin anda sewa lebih mengetahui kondisi daerah tersebut.

 

Mau ngontrak rumah tapi bingung bayarnya? Tenang, bisa dicicil kok per bulan. Kamu bisa mendapatkannya melalui cicilsewa.id. Bersama cicilsewa.id kamu tidak perlu bayar penuh selama setahun. Cicilsewa.id adalah solusi sewa properti no.1 di Indonesia yang memudahkan masyarakat memperoleh sewa hunian dan ruang usaha seperti Apartemen, Rumah, Ruko, dan Kantor di lokasi paling strategis dan akses termudah. Lewat cicilsewa.id, Anda dapat memperolehnya dengan cicilan bulanan tanpa perlu khawatir pembayaran di muka yang akan membebani kepemilikan hunian dan ruang usaha.

 

Share