Home / Blog / blog1 / Keuntungan Sewa Ruko dan Pertimbangan Sebelum Menyewa

Keuntungan Sewa Ruko dan Pertimbangan Sebelum Menyewa

Keuntungan Sewa Ruko dan Pertimbangan Sebelum Menyewa

by: Admin

blog1

Saturday, 20 Jul 2019

Keuntungan Sewa Ruko dan Pertimbangan Sebelum Menyewa – Sewa ruko menjadi solusi untuk Anda yang ingin mulai membangun usaha namun terkendala dengan modal. Ruko atau rumah toko banyak diminati karena lebih efisien dari segi waktu, modal, dan juga tempat.

Biasanya ruko terdiri dari dua lantai hingga lima lantai dimana lantai bawah digunakan untuk usaha atau kantor sedangkan lantai atas untuk tempat tinggal.

Dengan seperti itu, Anda masih bisa mengurus keluarga tapi masih bisa berbisnis juga. Berbeda saat anda Sewa Apartemen, meskipun desainnya tidak seindah hunian pada umumnya tapi Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan sekaligus.

Keuntungan Sewa Ruko

Dibandingkan dengan membeli, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih sewa ruko. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

1. Lebih Fleksibel

Dari berbagai segi, menyewa umumnya lebih fleksibel dibandingkan dengan membeli. Jika Anda memiliki usaha yang masih kecil dan bertujuan untuk menjadi lebih besar maka alternatif terbaik adalah dengan menyewa. Selain itu, apabila usaha yang dijalankan tidak berhasil Anda bisa dengan mudah untuk berpindah ke tempat lain yang lebih strategis tanpa rugi.

Dengan sewa ruko, Anda juga dapat mengatur waktu kerja secara lebih fleksibel. Tidak adanya batasan waktu untuk memulai usaha merupakan salah satu keunggulan menggunakan ruko. Ketika pasar sedang ramai, Anda bisa mulai bekerja lebih cepat. Sebaliknya jika usaha sedang sepi, Anda bisa menyesuaikan waktu bekerja. Hal tersebut malah membuat kualitas hasil pekerjaan menjadi lebih baik.

2. Meminimalisir Modal

Yang terpenting dalam menyewa sebuah ruko untuk usaha adalah dapat meminimalisir modal yang Anda keluarkan. Anda tidak harus menyewa dua tempat yaitu rumah dan tempat usaha jadi modal yang dikeluarkan lebih sedikit. Modal yang seharusnya untuk menyewa rumah atau tempat usaha bisa digunakan untuk hal lain berkaitan dengan usaha. Selain itu, biaya perawatan jika terjadi kerusakan biasanya dibebankan pada pihak pemilik jasa sewa ruko sehingga dapat menghemat biaya. Kerugian akibat bencana alam juga tidak Anda tanggung.

3. Maksimal Mengawasi Usaha

Usaha yang berada di tempat yang sama dengan rumah memungkinkan Anda untuk dapat mengawasinya secara lebih maksimal. Misalnya seperti mengawasi penjualan ataupun barang masuk dan lain sebagainya. Selain itu, jika pegawai sewaktu-waktu membutuhkan keputusan Anda mereka bisa mencari dengan mudah.

4. Keluarga Tetap Terawasi

Keuntungan sewa ruko selanjutnya yaitu Anda tetap bisa mengawasi dan melakukan tanggung jawab kepada keluarga. Banyak orang terutama wanita yang memilih tidak bekerja karena tidak ingin meninggalkan tanggung jawab kepada keluarga. Dengan usaha yang dilakukan di rumah maka Anda tetap bisa melakukan tanggung jawab baik kepada keluarga maupun usaha yang dijalankan.

5. Menghemat Tenaga

Dengan usaha yang dilakukan di rumah maka Anda dapat menghemat tenaga. Anda tidak usah repot-repot untuk berangkat pagi ke tempat usaha. Perjalanan ke tempat usaha tentu saja akan menguras tenaga Anda sehingga lebih lelah. Selain itu, Anda juga bisa menghemat pengeluaran yang seharusnya digunakan untuk transportasi sekarang tidak perlu lagi.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Sewa Ruko

Anda tidak boleh sembarangan ketika menentukan ruko yang akan disewa. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan sehingga Anda tidak akan rugi ketika memilih untuk sewa ruko dibandingkan membeli bangunan. Jika Anda salah saat memilih ruko maka usaha yang dijalankan bisa saja gagal dan malah mengalami kerugian. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan menyewa sebuah ruko.

1. Tujuan

Sebelum menentukan ruko yang akan disewa, Anda harus tahu terlebih dahulu tujuan usaha yang akan dilakukan. Jangan sampai menyewa ruko tapi belum tahu apa yang akan dilakukan dengan ruko tersebut. Dengan mengetahui tujuan usaha maka Anda bisa memilih ruko dengan mempertimbangkan lokasi yang strategis sesuai dengan usaha. Misalnya Anda ingin membuka restoran dengan target mahasiswa maka sewa ruko yang dekat dengan kampus atau universitas.

2. Lokasi

Karena ruko juga berfungsi sebagai tempat usaha maka Anda harus memilih tempat yang strategis dan mudah dijangkau. Lokasi sangat penting karena berpengaruh pada keberhasilan usaha Anda. Pilih lokasi sesuai dengan tujuan usaha yang telah direncanakan sebelumnya. Misalnya usaha restoran maka lokasi yang bagus adalah dekat perkantoran, perumahan, atau kampus. Sedangkan untuk usaha perkantoran, Anda hanya perlu berada di lokasi yang bisa dijangkau dengan mudah oleh berbagai kendaraan.

3. Legalitas

Legalitas sangat dibutuhkan ketika Anda memilih kontrak ruko agar tidak terjadi masalah karena ruko yang disewa ilegal. Reputasi bisnis Anda juga bisa menjadi buruk jika tiba-tiba ruko digusur karena merupakan tempat ilegal. Mintalah bukti semua legalitas bangunan pada pemilik ruko sebelum menyewanya. Jika pihak pemilik berbelit-belit ketika dimintai bukti legalitas maka sebaiknya Anda mencari ruko lain untuk disewa.

4. Kondisi

Cek kondisi ruko baik dari segi eksterior maupun interiornya agar tidak ada renovasi dalam waktu dekat sehingga Anda akan dirugikan. Melakukan renovasi akan menghambat usaha Anda yang seharusnya sudah berjalan lebih panjang. Bagian-bagian ruko yang harus dicek kondisinya dengan teliti diantaranya adalah atap, lantai kamar mandi, saluran air, kondisi dinding, dan bagian lain yang menurut Anda penting.

5. Harga

Harga menjadi pertimbangan selanjutnya jika Anda memilih untuk sewa ruko sebagai tempat usaha sekaligus hunian. Anda harus memilih ruko yang sesuai dengan budget, jadi sebelum memilihnya perencanaan biaya harus dilakukan terlebih dahulu. Bandingkan beberapa ruko untuk mendapatkan harga terbaik. Jika harga ruko dirasa tidak wajar dengan fasilitas yang diberikan maka lebih baik Anda mencari ruko lainnya.

6. Fasilitas

Karena ruko akan digunakan sebagai tempat usaha maka fasilitas yang diberikan harus menunjang usaha yang akan Anda lakukan. Buatlah list fasilitas apa saja yang Anda butuhkan untuk menjalankan operasional usaha tersebut. Misalnya usaha yang akan Anda jalankan berhubungan dengan banyak barang masuk maka fasilitas terpenting dari ruko adalah area parkir yang luas. Jika Anda memiliki usaha yang membutuhkan daya listrik tinggi maka pilih ruko dengan kapasitas daya listrik tinggi. Jangan lupa untuk memperhatikan juga fasilitas perabotan yang diberikan. Fasilitas juga termasuk dengan keamanan dan kebersihan lingkungan ruko.

7. Lama Sewa

Pemilik ruko biasanya menetapkan waktu minimal lama sewa yang harus dilakukan. Anda harus menanyakan lama sewa agar dapat mempertimbangkan kemajuan usaha yang dilakukan. Jika Anda tidak terlalu yakin dengan potensi usaha di ruko yang akan disewa maka sewalah dalam jangka waktu sedikit misalnya 3 bulan atau 4 bulan. Jadi jika perkembangan usaha tidak signifikan, Anda bisa dengan mudah untuk pindah tanpa rugi.

Itulah informasi mengenai keuntungan menyewa ruko serta hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memilih sewa ruko. Dengan mengetahui beberapa hal di atas, diharapkan Anda dapat melakukan keputusan secara tepat untuk menyewa ruko sesuai kebutuhan. Semoga informasi yang diberikan dapat membantu Anda dan calon usaha yang akan dijalankan.

Share