Home / Blog / blog1 / Ketahui Berbagai Tipe Apartemen Berdasarkan Ukuran dan Sistem Koridor

Ketahui Berbagai Tipe Apartemen Berdasarkan Ukuran dan Sistem Koridor

Ketahui Berbagai Tipe Apartemen Berdasarkan Ukuran dan Sistem Koridor

by: Admin

blog1

Tuesday, 13 Sep 2022

Mencari apartemen yang tepat kadang bisa menjadi hal yang sulit, apalagi jika Anda ingin tinggal di kota besar seperti Jakarta. Ada begitu banyak jenis dan tipe apartemen yang dimiliki oleh pengembang. 

Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui perbedaan dari tipe apartemen yang ada, sehingga Anda bisa menghemat waktu dalam memilih apartemen yang sesuai dengan kriteria yang dicari.

Berikut ini ada beberapa tipe apartemen dari berbagai jenis sistem koridor dan ukuran yang dapat membantu Anda dalam memilih apartemen yang terbaik dan sesuai kebutuhan.

 

TIPE APARTEMEN BERDASARKAN UKURAN

 

1. Studio

Apartemen studio adalah apartemen kecil yang terdiri dari satu kamar tunggal yang menggabungkan kamar tidur, ruang tamu, dan ruang dapur serta ruangan terpisah untuk ruang kamar mandi. Tipe apartemen ini juga terbagi menjadi apartemen studio konvertibel dan studio alcove.

 

2. Studio Alcove

Studio Alcove sama dengan jenis apartemen studio pada umumnya, namun apartemen tipe ini memiliki partisi berbentuk L di ruang tamu. Dengan kata lain, ada sudut untuk tempat tidur yang terpisah dengan ruang tamu. Ini membuat area tempat tidur lebih mudah ditutup tirai atau dinding supaya Anda tetap mendapatkan ruang privasi.

 

3. Studio Konvertibel

Tipe studio ini mengikuti format yang sama dengan tipe apartemen studio umumnya. Namun, studio konvertibel memiliki ukuran yang lebih luas sehingga pemiliknya dapat membuat dinding untuk menciptakan ruangan kamar tidur yang lengkap.

Selain itu, tipe apartemen studio konvertibel juga memiliki ruang yang cukup bagi pemiliknya yang ingin menambahkan ruangan tambahan. Namun, Anda tetap harus memperhatikan peraturan yang berlaku, karena beberapa developer properti mungkin tidak mengijinkan Anda untuk membuat dinding baru atau akan membebankan biaya tambahan untuk modifikasi apartemen.

 

4. 1 Kamar Tidur

Sesuai dengan namanya, apartemen 1 kamar tidur memiliki satu kamar yang terpisah dari ruang lainnya. Perbedaan apartemen satu kamar dengan tipe apartemen studio konvertibel atau alcove adalah kamar tidurnya memang didesain sebagai area tidur sejak awal. Anda tidak perlu menambah dinding atau partisi lagi di dalamnya.

 

5. 2 Kamar Tidur

Tipe apartemen ini memiliki dua kamar tidur yang terpisah dan dilengkapi juga dengan ruang tamu. Apartemen ini sangat cocok bagi Anda yang telah memiliki keluarga, karena masing-masing akan memiliki area privasi. Ukurannya lebih luas dibandingkan tipe apartemen lainnya.

 

TIPE APARTEMEN BERDASARKAN SISTEM KORIDOR

 

1. Penthouse

Penthouse adalah unit yang terletak di lantai atas sebuah bangunan. Apartemen ini dianggap sebagai unit yang mewah karena menawarkan fasilitas kelas atas yang tidak ada di apartemen jenis lainnya. 

Penthouse berada di lantai paling atas sebuah apartemen, dan penthouse juga biasanya dilengkapi dengan lift pribadi yang bertujuan untuk menjaga privasi dan memberikan kesan eksklusif bagi penghuninya.

 

2. Walk-up

Tipe apartemen ini jarang ada di Indonesia, dan jenis apartemen ini tidak memiliki lift dan hanya dapat diakses dengan tangga. Karena tidak memiliki lift, apartemen ini memiliki harga yang terjangkau dibandingkan apartemen dengan ukuran yang serupa. 

Berbeda dengan koridor penthouse yang eksklusif, pada apartemen walk-up penghuni masih dapat berpapasan dengan penghuni lain ketika sedang berjalan di koridor untuk keluar masuk apartemen. 

Bangunannya juga hanya memiliki dua hingga lima lantai saja. Anda bisa menemukan apartemen jenis ini biasanya di New York atau kota-kota besar di wilayah Eropa.

Itulah berbagai tipe apartemen berdasarkan sistem koridor dan ukurannya yang bisa membantu Anda memahami berbagai jenis apartemen. Ada banyak tipe unit apartemen yang ada di Jakarta dan kota-kota besar lainnya saat ini, sehingga ada banyak ragam variasi untuk Anda pilih.

Namun, biasanya setelah mendapatkan apartemen yang tepat, beberapa penyewa mengalami kendala terkait pembayaran. Hal ini dikarenakan biaya sewa yang harus dibayar tahunan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengajukan sewa melalui CicilSewa, loh! Dengan CicilSewa, Anda dapat membayar sewa apartemen secara bulanan, biaya sewa menjadi lebih terjangkau dan pembayaran menjadi lebih ringan.

 

Share