Home / Blog / blog1 / Ini 6 Cara Memasarkan Produk yang Ampuh saat Pandemi

Ini 6 Cara Memasarkan Produk yang Ampuh saat Pandemi

Ini 6 Cara Memasarkan Produk yang Ampuh saat Pandemi

by: Admin

blog1

Wednesday, 24 Feb 2021

Pemasaran produk merupakan salah satu bagian penting dalam setiap aktivitas bisnis. Bagi sebuah perusahaan, strategi pemasaran produk akan menentukan bagaimana produk dapat dikenal luas oleh masyarakat. Lalu, bagaimana cara memasarkan produk yang tepat? Adakah cara yang efektif terlebih dalam kondisi pandemi saat ini? Simak penjelasanya supaya bisnis kamu semakin cuan, ya.

Cara Memasarkan Produk yang Benar

Pada umumnya kebanyakan orang selalu menyamakan antara pemasaran dengan aktivitas penjualan. Keduanya tentu saja berbeda. Strategi pemasaran merupakan segala bentuk aktivitas untuk memasarkan suatu produk berupa barang atau jasa. Hal tersebut tentunya bertujuan agar jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.

Di masa pandemi ini strategi pemasaran produk sangat perlu diperhatikan mengingat berubahnya pola pembelian transaksi yang lebih banyak kepada pembelian secara online. Beragam cara mesti diupayakan supaya orang tertarik dan mau membeli. Berikut ini ada beberapa cara pemasaran produk paling dasar bagi pebisnis terlebih pemula yang bisa dilakukan, diantaranya:

  • Kenali Target Pasar 

Sebelum kamu menjual atau bahkan membuat sebuah produk, pastikan target pasar lebih dulu. Tentukan siapa yang akan menjadi calon konsumen pengguna produk kamu. Sebagai contoh, bila kamu ingin menjual produk kecantikan, maka sasarannya sudah tentu para wanita. Kemudian, kelompokkan kembali ke dalam usia yang relatif akan menyukai produk kamu seperti pada rentang usia 15-30 tahun. Dengan begitu, ketika sudah mendapatkan segmentasi pasar yang jelas, produk kamu akan lebih mudah mendapat perhatian mereka dan peluang sukses di pasar akan semakin besar.

  • Ikuti Tren atau Perkembangan Zaman

Inovasi adalah kunci keberhasilan strategi pemasaran bisnis kamu. Maka dari itu cobalah membuat produk yang sedang tren atau tak lekang oleh waktu. Sebagai awalan, kamu bisa menciptakan produk mengikuti tren yang sedang berkembang. Sebagai contoh, kalau kamu ingin menjual produk fashion, maka kamu mesti riset lebih dulu tren fashion yang tengah naik daun saat itu. Selebihnya, kamu harus terus berinovasi atau bahkan menciptakan model sendiri yang mana bisa jadi tren dan digemari oleh banyak orang. Hal ini tentunya akan membuat orang tidak akan bosan dengan produk yang kamu jual.

  • Mulut ke Mulut

Cara pemasaran produk selanjutnya adalah lewat mulut ke mulut. Strategi ini memang klasik, tetapi masih terbilang ampuh. Mulailah perkenalkan produk kamu kepada orang terdekat. Ketika mereka puas, maka mereka akan memberi tahu kepada lainnya yang berpotensi akan membeli produk kamu. Namun, sebelum menawarkannya, alangkah baiknya persiapkan produk dengan baik. Hal ini supaya mereka menceritakan pengalaman yang bagus saat menggunakan produk kamu kepada semua orang.

  • Gunakan Media Sosial

Tidak dipungkiri lagi media sosial menjadi tempat promosi sekaligus menjual produk yang sangat ampuh. Hampir semua kelompok usia dari berbagai kalangan memiliki akun sosial media seperti Instagram, Facebook, atau Twitter. Gunakanlah platform-platform tersebut sebagai cara pemasaran produk mulai dari membuat akun bisnis, konten, sampai pemasangan iklan. 

Media boleh jadi kunci pemasaran di tengah pandemi sekarang. Terbatasnya aktivitas di luar rumah, membuat orang lebih banyak waktu menghabiskan diri berselancar dunia maya dengan gadget. Inilah saatnya yang pas untuk promosi lewat media sosial.

Di era digital ini media sosial juga memiliki pengaruh besar dan jangkauan pengguna yang sangat luas. Dari sabang sampai merauke dapat kamu jangkau dalam linta waktu yang singkat. Dengan kemudahan interaksi serta cepatnya persebaran informasi, produk kamu bisa diketahui oleh masyarakat. Oleh karenanya, media sosial dapat memberikan peluang mendapatkan calon konsumen yang cukup besar.

  • Gunakan Marketplace

Selain media sosial, marketplace juga sangat menarik sebagai strategi pemasaran. Sekarang ini media sosial dan marketplace bak dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. Marketplace sendiri memang sengaja diciptakan sebagai platform jual-beli online yang aman dan nyaman. Banyak sekali fitur yang dihadirkan untuk memudahkan pengguna mendapatkan semua produk yang diinginkan.

Meskipun tidak menyajikan banyak informasi umum, nyatanya memperkenalkan sebuah produk langsung di marketplace dapat mendatangkan penjualan. Hanya saja kamu tidak dapat mengeksplorasi lebih banyak ‘konten’ produk selain menampilkan produk itu sendiri. Cukup jelaskan secara lengkap semua kelebihan dari tiap-tiap produk kamu supaya pengguna paham dan menyukainya.

  • Berikan Promo Menarik

Cara pemasaran produk terakhir adalah dengan memberikan promo sebanyak-banyaknya. Sekarang ini banyak orang menyukai produk yang menawarkan konten promo, misalnya buy one get one free atau semacam giveaway. Selain itu, ada juga program seperti bundling barang yang tentunya akan membuat konsumen mudah tergiur. Oleh karenanya, jangan ragu untuk memberikan promo menarik yang bisa membuat konsumen bahagia. Namun, di sini kamu juga harus menyesuaikan dengan biaya yang sudah kamu keluarkan sehingga dapat memperhitungkan untung dan ruginya.

  • Sewa Tempat 

Kondisi pandemi memang membuat aktivitas fisik menjadi terbatas termasuk kegiatan usaha. Namun, tidak ada salahnya bila Anda memutuskan sewa tempat usaha agar lebih fokus memasarkan produk. Sewa ruko atau toko terbilang masih cukup ampuh untuk aktivitas bisnis. Tidak ada salahnya menyewa tempat selama anda bisa memperhitungkan biaya modal yang dikeluarkan

Jangan lagi khawatir dengan biaya. Anda tidak perlu sewa per tahun, karena sekarang sewa bisa per bulan dengan cicilsewa.id. Sewa tempat usaha dengan biaya terjangkau bisa anda dapat di cicilsewa.id. Cicilsewa.id adalah solusi sewa properti no.1 di Indonesia yang memudahkan masyarakat memperoleh sewa hunian dan ruang usaha seperti Apartemen, Rumah, Ruko, dan Kantor di lokasi paling strategis dan akses termudah. Lewat cicilsewa.id, Anda dapat memperolehnya dengan cicilan bulanan tanpa perlu khawatir pembayaran di muka yang akan membebani kepemilikan hunian dan ruang usaha.

Share