Home / Blog / blog1 / Catat! Ini 5 Tips Jitu Sewa Apartemen Untuk Mahasiswa Di Kota Besar

Catat! Ini 5 Tips Jitu Sewa Apartemen Untuk Mahasiswa Di Kota Besar

Catat! Ini 5 Tips Jitu Sewa Apartemen Untuk Mahasiswa Di Kota Besar

by: Admin

blog1

Saturday, 29 Feb 2020

Pesatnya penduduk di berbagai kota, membuat apartemen menjadi hunian alternatif. Terlebih keberadaan sewa apartemen banyak juga diminati oleh kalangan mahasiswa yang menuntut ilmu di universitas atau sekolah tinggi yang ada di kota-kota besar. Salah satu alasan yang mendorong minat mahasiswa tinggal di apartemen adalah faktor jarak yang dekat ke tempat kuliah. Selain soal lokasi, perubahan gaya hidup juga jadi faktor lain bagi mahasiswa memilih tinggal di apartemen. 

Meskipun serba praktis namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk sewa apartemen. Jika ingin sewa apartemen dalam jangka waktu yang cukup panjang, tentukanlah prioritas kebutuhan yang nantinya bisa membuat anda nyaman. Sebab jika salah memilih, bisa jadi akan mengganggu kenyamanan anda selama tinggal di apartemen. 

Nah, berikut ada 5 tips sewa apartemen untuk mahasiswa di kota besar. 

 

1. Lokasi Yang Strategis

Pertimbangkanlah lokasi apartemen sebelum anda tempati. Cari lokasi apartemen yang sangat dekat dengan kampus anda. Pilihlah apartemen dengan pertimbangan utama yakni akses mudah menuju kampus anda. Kemudian, baru tentukan bagaimana akses lain seperti menuju pusat perbelanjaan, terminal bus, atau stasiun kereta api. Anda bisa memilih yang atau sebaliknya. Lokasi yang tepat akan memudahkan rutinitas anda selama berkuliah.

 

2. Fasilitas Yang Lengkap

Faktor lain yang perlu anda perhatikan adalah kelengkapan fasilitas. Apartemen yang akan ditempati harus membuat anda nyaman dengan tersedia berbagai fasilitasnya. Ketika kuliah dalam waktu yang cukup panjang, ketersediaan fasilitas akan membantu hidup anda sebagai mahasiswa. Carilah apartemen yang menawarkan fasilitas seperti ruang khusus membaca, coworking space, wi-fi, sarana olahraga, dan food centre. Pastikan semua fasilitas tersebut berfungsi baik selama anda menempati apartemen tersebut.

 

3. Lahan Parkir 

Lahan parkir terkadang menjadi persoalan bagi penghuni apartemen. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan tentang lahan parkir. Bila anda memiliki kendaraan maka carilah apartemen dengan lahan parkir yang luas. Kemudian, tanyakan lebih detail tentang biaya parkir. Biasanya penghuni tetap apartemen mendapat fasilitas member parkir dengan iuran per bulan. Selain itu, keamanan tempat parkir juga perlu diperhatikan oleh calon penghuni. Anda perlu tahu bagaimana sistem keamanan yang diterapkan di tempat parkir. Salah satunya menggunakan mesin tiket.

 

4. Faktor Keamanan

Tentang keamanan menjadi hal yang mutlak ketika anda tinggal di sebuah apartemen. Perhatikan bagaimana sistem penjagaan di apartemen. Selain itu, anda bisa menanyakan tentang keamanan 24 jam dari security. Mereka biasanya akan berkeliling rutin untuk menjaga keamanan penghuni. Selanjutnya, keberadaan CCTV di setiap sudut apartemen. CCTV akan membuat pengawasan lebih ketat sehingga keamanan lebih terjamin. 

 

5. Jasa Perawatan

Sejumlah manajemen apartemen biasanya menyediakan jasa perawatan. Adanya jasa perawatan ini mungkin saja bisa membantu anda selama tinggal di apartemen. Anda tidak perlu lagi bingung ketika mesin pendingin ruangan (AC) di kamar rusak. Selain itu, jasa perawatan ini juga menjaga kebersihan kamar sehingga anda memiliki banyak waktu untuk fokus dengan perkuliahan. Jasa perawatan yang diberikan manajemen biasanya seperti menyapu kamar, menyedot debu, pembersihan toilet, atau perawatan AC berkala.

 

6. Harga

Nah, terakhir ketahuilah soal harga sewa apartemen. Sebagai mahasiswa, anda bisa memilih apartemen dengan harga ekonomis. Cari apartemen yang menawarkan harga terjangkau dengan bermacam fasilitas. Selanjutnya, tentukan keinginan sewa bulanan atau tahunan tergantung masa kuliah anda. Namun, anda juga perlu bernegosiasi soal harga agar tidak membebani kebutuhan lain. Oleh karena itu, hitung semua total biaya pengeluaran tetap anda selama tinggal di apartemen tersebut.

Jika sudah menemukan tempat yang diinginkan, jangan takut tidak mampu bayar biaya sewanya.  Bersama cicilsewa.id kamu tidak perlu bayar penuh selama setahun. Cicilsewa.id adalah solusi sewa properti no.1 di Indonesia yang memudahkan masyarakat memperoleh sewa hunian dan ruang usaha seperti Apartemen, Rumah, Ruko, dan Kantor di lokasi paling strategis dan akses termudah. Lewat cicilsewa.id, Anda dapat memperolehnya dengan cicilan bulanan tanpa perlu khawatir pembayaran di muka yang akan membebani kepemilikan hunian dan ruang usaha.

Share