Home / Blog / blog1 / Bingung Mau Sewa Ruko? Berikut 6 Tips Sewa Ruko Untuk Usaha

Bingung Mau Sewa Ruko? Berikut 6 Tips Sewa Ruko Untuk Usaha

Bingung Mau Sewa Ruko? Berikut 6 Tips Sewa Ruko Untuk Usaha

by: Admin

blog1

Saturday, 28 Mar 2020

Sewa ruko merupakan solusi bagi yang ingin mulai membangun sebuah usaha. Baik usaha kecil atau yang sudah besar sekalipun tentunya membutuhkan ruko untuk memasarkan produk kepada konsumen. Hal ini dilakukan lantaran banyak pebisnis yang belum memiliki ruko sendiri. Mereka tentu mencari tempat alternatif yakni menyewa ruko dengan lokasi strategis.

Di saat dana masih kurang mencukupi untuk membeli ruko sendiri, pilihan lebih hemat adalah menyewa ruko. Umumnya ruko yang ditawarkan memiliki bentuk bangunan sendiri yang lebih simpel dan terbuka. Selain itu, ruko yang disewakan biasanya dalam bangunan satu lantai, dua lantai sampai dengan empat lantai. Setiap lantai bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan, misalnya  di lantai satu bisa digunakan untuk berjualan dan di lantai dua bisa dijadikan sebagai gudang.

Sewa ruko memang menjadi pilihan yang praktis dan efisien untuk memasarkan barang dan jasa. Sepi atau ramainya pembeli bisa sangat tergantung dengan pilihan ruko. Oleh karena itu, sebelum memutuskan sewa ruko sebaiknya pertimbangkan beberapa hal ini supaya usaha yang kamu buka berjalan lancar.

 

1. Lihat Produk yang mau Dijual

Sebelum menyewa ruko, sebaiknya ketahui produk apa yang akan kamu jual. Cermati produk yang dijual, setelah itu baru menentukan lokasi ruko yang tepat. Menyesuaikan produk dengan ruko secara cermat akan membuah hasil keuntungan yang maksimal. Contohnya, produk yang dijual adalah hewan untuk konsumsi seperti ikan mas, lele, ayam, bebek dan sejenisnya. Kamu bisa sewa tempat khusus yang cukup besar di dekat pemukiman penduduk. Mereka yang tinggal di sekitar permukiman bisa jadi target konsumen kamu.

 

2. Lokasi

Umumnya, lokasi ideal tempat usaha adalah yang mudah terlihat banyak orang, dekat dengan jalan umum, dan bisa diakses dari berbagai arah. Namun, untuk lebih spesifik mencari lokasi harus menyesuaikan dengan jenis usaha. Jika kamu membuka usaha kuliner, sebaiknya pilih lokasi dekat dengan perkantoran, sekolah, atau permukiman. Sedangkan, untuk jenis usaha seperti otomotif (bengkel atau aksesoris) lebih cocok berlokasi dipinggir jalan raya dan memiliki lahan yang luas.

 

3. Kondisi Ruko

Sekarang ini, banyak ruko yang ditawarkan merupakan bangunan baru. Ruko dengan bangunan baru tentu memiliki kondisi yang masih bagus mulai dari dinding, atap, pintu, dan sebagainya. Memilih ruko baru lebih diuntungkan karena tidak perlu melakukan renovasi. Sedangkan ruko bangunan lama harus siap dengan berbagai masalah. Ruko bangunan lama tentu akan cukup banyak perbaikan. Masalah umum yang biasa dihadapi misalnya kebocoran, saluran air yang terhambat, dan sebagainya. Oleh karena itu, perhartikan bangunan ruko dengan baik sehingga kamu tidak mengeluarkan biaya lebih lagi untuk perbaikan.

 

4. Harga

Soal harga usahakan untuk lakukan perbandingan dengan harga sewa ruko lainnya. Pastikan harga ruko yang ditawarkan ke kamu sudah sama dengan harga pasaran di daerah tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan harga terjangkau dengan pemilik ruko. Coba negosiasikan kepada pemilik ruko supaya kamu dapat keringanan harga. Biasanya, akan berbeda harga sewa selama enam bulan atau setahun. Jadi, cobalah cari harga terbaik untuk sewa ruko kamu.

 

5. Legalitas

Faktor lain yang perlu diperhatikan sebelum sewa ruko adalah legalitas. Tanyakan kepada pemilik bagaimana legalitas bangunan. Biasanya terdapat dua status legalitas yakni Hak Guna Bangunan (HGB) atau Sertifikat Hak Milik (SHM). Selain itu, status legalitas yang penting lain adalah terdapat surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Jika ruko tidak memiliki IMB sebaiknya tidak usah dilanjutkan penawaran dan cari ruko yang lain.

 

6. Keamanan dan Fasilitas

Keamanan adalah hal penting saat menyewa ruko untuk usaha. Jangan pernah abaikan keamanan. Ketahui kondisi di sekitar lokasi ruko. Perhatikan bagaimana kondisi disekitarnya apakah terdapat tempat yang terindikasi sarang kejahatan. Selain itu, coba tanyakan kepada pemilik tentang biaya keamanan. Biasanya, sering terdapat organisasi masyarakat (ormas) yang sering meminta paksa uang keamanan. Hal itu akan mengganggu dan merugikan usaha anda.

Selain keamanan, fasilitas umum juga -perlu anda perhatikan. Usahakan, lokasi ruko anda dekat dengan kantor polisi atau klinik untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mau sewa apartemen atau rumah dengan cicilan terjangkau? Kamu bisa mendapatkannya melalui cicilsewa.id. Bersama cicilsewa.id kamu tidak perlu bayar penuh selama setahun. Cicilsewa.id adalah solusi sewa properti no.1 di Indonesia yang memudahkan masyarakat memperoleh sewa hunian dan ruang usaha seperti Apartemen, Rumah, Ruko, dan Kantor di lokasi paling strategis dan akses termudah. Lewat cicilsewa.id, Anda dapat memperolehnya dengan cicilan bulanan tanpa perlu khawatir pembayaran di muka yang akan membebani kepemilikan hunian dan ruang usaha.

 

Share