Begini Cara Menentukan Sewa Rumah yang Tepat No ratings yet.

Begini Cara Menentukan Sewa Rumah yang Tepat

Sewa rumah adalah alternatif terbaik jika belum memiliki hunian sendiri. Setelah memutuskan untuk menyewa rumah, maka pertimbangan selanjutnya adalah jangka waktunya yakni sewa rumah bulanan atau tahunan. Keduanya memiliki plus-minusnya sendiri, dan masing-masing memiliki ciri yang cenderung lebih cocok untuk pilihan. Mari kita ulas tipe-tipe penghuni apa yang biasa melakukan sewa bulanan maupun tahunan.

 

1. Sewa Rumah Bulanan

Sewa rumah bulanan dapat dibayarkan perbulan, pertiga bulan atau enam bulan sekali. Sewa bulanan cocok untuk Kamu yang memiliki kehidupan yang dinamis dan mengharuskan Kamu untuk berpindah-pindah tempat, atau sudah memiliki rencana untuk pindah tempat tinggal dalam waktu kurang dari setahun. Selain itu, pilihan sewa bulanan tentu sangat pas dilakukan untuk yang sering berpindah lokasi kerja dalam rangka tugas dinas.

Di samping itu, pilihan sewa rumah bulanan juga cocok untuk Kamu yang memiliki tipe picky alias pilih-pilih tempat tinggal. Kamu bisa mencoba dulu untuk melihat apakah Kamu cocok dan nyaman tinggal disitu. Kalau cocok, Kamu bisa memperpanjang kontrak, tetapi jika tidak, Kamu bisa cari rumah yang lain. Soal kecocokan ini juga umumnya didasarkan atas pertimbangan lain terutama lingkungannya. Dengan menyewa perbulan, Kamu bisa merasakan langsung lingkungan sekitar rumah dan menentukan apakah rumah tersebut tepat untukmu atau tidak. Namun kekurangannya dari sewa rumah bulanan adalah total biaya perbulan yang dikeluarkan lebih banyak dari sewa rumah tahunan secara signifikan.

 

2. Sewa Rumah Tahunan

Setiap orang tentu memiliki pertimbangan berbeda-beda mengenai berapa lama waktu sewa rumah. Mereka akan menilai berdasarkan pengalaman dan kebutuhan ke depan. Pilihan sewa tahunan cocok untuk Kamu yang sudah ingin menetap, tidak ingin berpindah-pindah tempat lagi, dan siap menanggung biaya yang lebih banyak demi kestabilan tempat tinggal. Sewa tahunan dapat dibayar langsung ataupun dicicil. Sewa tahunan biasanya digunakan oleh keluarga yang tempat kerja atau sekolahnya berada dekat daerah tempat tinggal sehingga tidak ada alasan untuk berpindah-pindah dalam waktu dekat.

Keuntungan dari sewa rumah tahunan yang paling besar adalah dari sisi finansial. Diibaratkan membeli sebuah barang dalam jumlah banyak maka akan membuat harganya semakin murah. Apabila ditotal, harga sewa rumah per tahun jauh akan lebih murah dibandingkan sewa rumah per bulan bila dikalkulasikan keseluruhan pengeluaran untuk sewa. Di sisi lain, kerugiannya adalah tentu Kamu tidak bisa fleksibel apabila ingin pindah rumah. Maka sebelum mengambil keputusan membayar sewa rumah tahunan, sebaiknya pertimbangkan matang-matang terlebih dahulu dan persiapkan uang yang cukup.

Itulah perbedaan sewa rumah bulanan dan tahunan. Setiap orang memiliki kebutuhan dan pertimbangannya sendiri, tentukanlah dengan bijak sebelum memilih jangka waktu sewa agar tidak mengalami kerugian. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum membuat keputusan, yaitu:

  1. Buatlah surat perjanjian sewa rumah tertulis yang mencantumkan syarat dan ketentuan penyewaan
  2. Pastikan ada atau tidaknya deposit keamanan. Apabila ada, pahami apa saya yang dicakupinya
  3. Mintalah pendapat orang yang berpengalaman melakukan cicil sewa rumah agar mendapatkan rekomendasi yang terbaik
  4. Cari tahu hal-hal yang mendukung kondisi rumah, seperti letak minimarket terdekat, kontak untuk keadaan darurat, servis, dan lainnya.
  5. Lihat langsung kondisi rumah agar mendapatkan bayangan yang jelas

Cicilsewa.id menyediakan berbagai pilihan properti mulai dari ruko, rumah, dan apartemen. Pembayaran dapat dilakukan dengan cicilan terjangkau. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin menentukan mana yang cocok untukmu.

 

Please rate this

Cicilsewa