Home / Blog / blog1 / 7 Tips Sukses Sewa Properti agar Bisa Raup Untung Besar

7 Tips Sukses Sewa Properti agar Bisa Raup Untung Besar

7 Tips Sukses Sewa Properti agar Bisa Raup Untung Besar

by: Admin

blog1

Tuesday, 13 Jul 2021

Investasi di bidang properti merupakan sebuah peluang yang paling menjanjikan mendatangkan keuntungan. Tak khayal, banyak orang berbondong-bondong ingin menjadikan investasi ini sebagai passive income mereka. Seperti halnya, menyewakan properti kepada orang lain akan menambah nilai manfaat bagi si pemilik.

 

Investasi Properti yang Tepat

Umumnya, kebanyakan investasi properti hanya dianggap menguntungkan bila kita membeli properti saat harga murah kemudian menjualnya di saat nilai properti tersebut sedang tinggi. Strategi tersebut sah-sah saja. Namun, ada cara lain mendapatkan penghasilan dari bisnis properti.

Di era modern ini, investasi properti bukan hanya melakukan jual beli properti saja. Sewa properti adalah opsi yang menjanjikan dan realistis untuk dijalankan sekarang. Saat kita memiliki properti lebih, justru disitulah kita bisa menyewakannya kepada orang lain. Peluang balik modal yang besar sangat mungkin didapat asalkan bisa menjalankannya dengan benar. Sebelum memutuskan untuk menyewakan properti Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ada sejumlah tips yang bisa jadi pertimbangan bagi pemilik properti untuk disewakan.

 

1. Temukan Penyewa yang tepat

Tips pertama sebelum Anda menyewakan properti adalah memilih penyewa yang tepat. Temukan penyewa yang bertanggung jawab atas properti yang Anda miliki. Hal ini penting agar properti Anda aman serta terhindar dari kerusakan dan hal-hal yang tidak diinginkan. Cek latar belakang penyewa dan ketahui riwayatnya untuk memastikan bahwa penyewa bebas dari catatan kriminal.

 

2. Minta Laporan dari Penyewa

Hal yang harus dilakukan agar bisnis sewa properti Anda lancar adalah meminta penyewa melaporkan kondisi properti. Anda bisa memintanya memberitahu kondisi saat masuk dan keluar properti. Selain bisa mengetahui keadaan secara fisik, hal ini dilakukan untuk memastikan status properti sebelum dan sesudah disewa. Dengan begini, penyewa baru nantinya akan bisa menempati properti Anda dengan nyaman.

 

3. Lakukan Inspeksi Rutin

Sebagai pemilik properti, Anda harus rutin melakukan inspeksi. Hal ini penting untuk mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki. Di sisi lain, inspeksi ini juga berguna untuk melihat bagaimana penyewa merawat properti yang Anda miliki. Lakukan inspeksi berkala tiap 3 bulan atau 6 bulan sekali.

 

4. Dengarkan Keluhan Penyewa

Untuk meningkatkan pelayanan, Anda harus memiliki sikap empati kepada penyewa. Dengarkan apa yang menjadi keluhan atau kebutuhan saat dia ingin atau sudah menyewa tempatmu. Mungkin saja si penyewa adalah orang yang berasal dari luar kota dan tidak mengetahui lokasi properti, sehingga membutuhkan bantuan yang akan membuat mereka lebih nyaman.

 

5. Lakukan Pemeliharaan Properti

Tips lain sukses bisnis sewa properti adalah melakukan pemeliharaan. Hal ini penting untuk menjaga keamanan dan sebagai bentuk tanggung jawab. Dengan pemeliharaan secara berkala, Anda juga akan menghindari pengeluaran biaya yang besar di masa depan. Beberapa pemeliharaan bisa dilakukan seperti memperbaiki  kondisi atap, tembok, atau hal-hal kecil seperti menebang cabang-cabang pohon yang sudah menjulur ke bawah.

 

6. Pertimbangkan Perpanjangan Sewa

Jika Anda sudah menemukan penyewa yang tepat, maka tidak ada salahnya menawarkan perpanjangan sewa. Berikanlah penawaran harga sewa terbaik dengan mempertimbangkan kemampuan dan kebutuhan mereka. Selain mengurangi turnover, Anda juga tidak perlu kesulitan mencari penyewa yang bisa menjaga properti dengan sangat baik.

 

7. Gunakan Platform Sewa Properti

Sebagai pemilik properti, Anda bisa memanfaatkan teknologi seperti platform digital untuk lebih memudahkan proses penyewaan. Dengan kehadiran platform digital ini Anda hanya tinggal bernegosiasi soal harga dan melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan. Platform digital memudahkan pihak penyewa memilih unit properti serta memberikan pengalaman terbaik dalam memiliki hunian. Banyak platform digital yang menyediakan penyewaan properti, salah satunya ialah Cicilsewa.

 

Dengan Cicilsewa, Anda bisa menyewakan ruko atau rumah dengan cara menampilkan properti Anda di website Cicilsewa. Cicilsewa adalah solusi sewa properti terdepan di Indonesia yang memudahkan masyarakat memperoleh sewa hunian dan ruang usaha seperti Apartemen, Rumah, Ruko, dan Kantor. Lewat Cicilsewa, penyewa dapat memperoleh properti dengan cicilan bulanan tanpa perlu khawatir pembayaran di muka yang membebani akses hunian dan ruang usaha.

 

Share