Home / Blog / blog1 / 7 Tips Desain Ruko yang Dapat Diterapkan di Tokomu!

7 Tips Desain Ruko yang Dapat Diterapkan di Tokomu!

7 Tips Desain Ruko yang Dapat Diterapkan di Tokomu!

by: Admin

blog1

Friday, 25 Feb 2022

Tidak hanya rumah yang butuh dekorasi agar penghuninya betah, sebuah tempat usaha juga membutuhkan dekorasi yang menarik dan unik untuk menambah kesan di mata pengunjung. Desain ruko juga bertujuan untuk menarik pelanggan dan membuat mereka betah berlama-lama di dalamnya. Tentunya peran dekorasi ini jadi hal yang penting diperhatikan bagi para pemilik usaha.

Persaingan penjualan kini juga sudah ketat, para pejual offline dan online berlomba-lomba memberikan layanan terbaik kepada pelanggannya. Maka dari itu, mendekorasi desain ruko jadi salah satu alternatif bijak yang bisa dilakukan.

 

TIPS DESAIN RUKO

 

1. Gunakan Warna Senada

Menggunakan warna yang senada untuk ruko yang kamu miliki akan membuatnya nyaman dipandang karena tidak ada penggunaan warna yang terlalu banyak. Biasanya warna yang sering digunakan jika kamu memiliki ruko yang minimalis adalah warna putih. Hal ini karena akan membuat ruko terlihat luas dan bersih. Agar desain terlihat lebih kokoh, kamu bisa menambahkan bebatuan untuk bagian eksterior ruko. Supaya menambah kenyamanan, kamu juga bisa memasang kanopi minimalis untuk pelanggan toko memarkirkan kendaraan mereka.

 

2. Kombinasi Warna

Jika kamu bosan dengan warna putih dari ruko tempat bisnismu, maka kamu bisa mengombinasikan warna komplementer untuk cat tembok. Tentunya ruko kamu akan jadi lebih berkarakter. Kamu bisa aplikasikan warna di area tertentu agar tetap selaras dan ruko terlihat menarik.

 

3. Dekorasi Dinding

Selain berkreasi dengan warna, kamu juga bisa menghias dinding dengan wallpaper yang bermotif menarik. Namun, kamu harus tetap memodifikasi pemasangan wallpaper ini sesuai dengan tema bisnis yang dijalani. Misalnya kamu memiliki usaha yang berbau jejepangan maka kamu bisa memilih wallpaper dengan motif bunga sakura atau pohon bambu yang dapat memberikan kesan dan nuansa Jepang yang otentik dan alami. Selain itu, kamu bisa memasang lukisan-lukisan yang berhubungan dan sesuai dengan tema bisnis.

 

4. Nuansa Alami

Tipe dekorasi ini bisa kamu pilih untuk menciptakan suasana asri dan membuat betah pelanggan berlama-lama di tokomu. Apalagi jika tokomu di tengah kota, desain ruko dengan nuansa alami ini tentu akan memberikan kesan fresh dan baru bagi pengunjung. Kamu bisa meletakkan dekorasi tanaman ataupun dedaunan untuk menghiasi ruangan. Supaya lebih menarik, kamu dapat memilih perabotan dengan nuansa kayu untuk kursi dan meja, serta meletakkan beberapa ornamen yang senada di dalam ruko.

 

5. Pasang Hiasan di Depan Ruko

Selain bagian dalam ruko, bagian luarnya juga harus terlihat menarik supaya calon pelanggan berminat berkunjung ke ruko kamu. Maka dari itu jangan lupa memberi dekorasi dengan tanaman hias atau pemasangan poster (bisa mengenai diskon menarik) di dekat pintu masuk.

 

6. Optimalkan Pencahayaan

Ruko adalah bangunan yang tertutup, tidak banyak ruang untuk memasang ventilasi udara karena biasanya dibangun secara berdempetan satu sama lain. Untuk itu, kamu harus pintar memilih pencahayaan yang tepat agar ruko tidak terlihat gelap. Salah satu solusi alternatif yang dapat dicoba adalah dengan menggunakan lampu LED yang banyak. Walau jumlahnya terbilang banyak, lampu jenis LED ini tidak memakan banyak listrik sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan pemakaian listrik.

 

7. Konsep Terbuka

Jika kamu berniat untuk membuka usaha bisnis seperti restoran atau kafe, maka desain ruko dengan konsep terbuka ini bisa jadi salah satu pilihan tepat. Dengan konsep yang terbuka, maka restoranmu akan terlihat luas. Kamu juga bisa menggunakan material kaca di bagian pintu atau jendela serta menggunakan warna cerah dan netral seperti perpaduan hitam dan putih untuk menambah kesan lapang/spacious tersebut.

Nah itulah tips dekorasi desain ruko yang bisa kamu terapkan. Mendekorasi dan merawat ruko yang kamu miliki atau sewa memang jadi salah satu hal penting yang harus kamu lakukan agar dapat menarik minat pelanggan. Selain itu, dekorasi desain yang unik dan tepat akan membuat pelanggan mengingat identitas brand-mu.

Apakah kamu sudah memiliki ruko incaran untuk disewa namun terhalang budget? Jangan khawatir! Karena kini ada Cicilsewa yang siap membantu memudahkan pembayaran sewa kamu.

Sewa ruko tahunan kini bisa jadi bulanan dengan Cicilsewa. Kamu jadi bisa menghemat biaya sewa dan memiliki dana lebih untuk kebutuhan desain rukomu!

 

Share