Home / Blog / blog1 / 5 Tempat Tinggal Setelah Menikah untuk Pasangan Baru

5 Tempat Tinggal Setelah Menikah untuk Pasangan Baru

5 Tempat Tinggal Setelah Menikah untuk Pasangan Baru

by: Admin

blog1

Thursday, 20 May 2021

Pernikahan merupakan pintu menuju kehidupan baru. Setiap pasangan yang telah menikah pastinya akan merasakan hal-hal baru dalam hidupnya. Salah satu yang paling terasa berbeda adalah suasana tempat tinggal. Pada umumnya, mereka yang baru menikah akan menjalani hidup terpisah dari keluarga mereka sebelumnya. Lalu, akan tinggal di mana setelah menikah? Apakah tinggal bersama orang tua? Supaya Anda bisa mempertimbangkannya, mari simak penjelasan berikut.

Persoalan hunian harus dipersiapkan oleh calon pengantin sebelum pesta pernikahan dimulai. Pertanyaan akan tinggal di mana setelah seremoni pernikahan selesai sering ada dipikiran banyak orang khususnya juga bagi mereka yang sedang merencanakan pernikahan.

Perihal tempat tinggal ini ada sejumlah alternatif yang bisa dijadikan solusi. Berikut beberapa pilihan tempat tinggal yang bisa dijadikan pertimbangan bagi pengantin baru.

  1. 1. Sewa Rumah

Sewa rumah atau ngontrak bisa jadi pilihan tempat tinggal bagi pasangan yang baru menikah. Tentunya, dengan sewa rumah Anda dapat hidup lebih mandiri karena terpisah dengan orang tua. Sewa rumah memiliki keuntungan di antaranya bisa memulai hidup baru tanpa campur tangan orang tua. Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun tidak besar seperti membeli sebuah rumah. Anda bisa menyewa rumah dengan menyesuaikan ukuran, model, lokasi serta fasilitas yang didapat. 

2. Sewa Apartemen

Jika Anda memiliki budget lebih, sewa apartemen mungkin bisa jadi pilihan yang tepat. Tak ada salahnya menyewa apartemen, jika Anda ingin merasakan suasana baru. Sewa apartemen memiliki beberapa keuntungan di antaranya lokasi yang strategis, fasilitas, serta privasi yang terjaga. Sekarang ini pun sudah banyak apartemen ekonomis dengan biaya sewa bulanan atau tahunan yang terjangkau di  kota-kota besar seperti Jakarta. 

3. Kos-Kosan

Meskipun identik dengan tempat tinggal mahasiswa atau pekerja, namun sekarang ini kos-kosan bisa jadi alternatif hunian bagi pasangan baru. Dengan menetap di kos-kosan, biaya yang dikeluarkannya pun jauh lebih ringan dari sewa rumah atau apartemen. Kos-kosan umumnya berada di lokasi strategis karena dekat pusat perkantoran. Namun begitu, soal ukuran, kos-kosan bisa jadi jauh lebih kecil dibanding rumah kontrakan.

4. Membeli Rumah

Pilihan tempat tinggal berikutnya bagi pasangan suami istri baru adalah membeli rumah. Ini merupakan pilihan ideal, namun membutuhkan biaya yang sangat besar. Bila ingin membeli rumah terdapat dua pilihan yakni membeli secara cash atau kredit. Membeli rumah secara cash tentu mempersiapkan waktu untuk mengumpulkan dana yang begitu besar. Sementara, jika ingin membeli kredit, Anda harus memperhitungkan semua risiko pembayaran termasuk cicilan.

5. Tinggal Bersama Orang Tua

Pilihan tempat tinggal bagi pasangan baru menikah yang terakhir adalah rumah orang tua. Ini merupakan opsi terakhir yang sangat lumrah dipilih. Tak ada salahnya bila Anda tinggal bersama orang tua. Biasanya, terdapat dua pilihan tempat yakni rumah orang tua dari pihak istri atau suami. Anda dapat mendiskusikan terlebih dahulu dengan pasangan sebelum menentukan pilihan.

Keuntungan tinggal bersama orang tua sendiri adalah dapat menghemat biaya hidup dan biaya-biaya lain seperti listrik atau air. Selain itu, Anda juga memiliki kesempatan lebih mendekatkan diri dan mengenal dengan mertua. Sementara, kerugiannya adalah privasi lebih sedikit. Sangat mungkin, jika ada suatu masalah, orang tua juga akan mengetahuinya. Hal ini berdampak pada hubungan Anda dengan mertua menjadi kurang baik. Oleh karena itu, Anda harus pandai membawa diri dan bersabar di depan mertua.

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat tinggal untuk pasangan suami istri yang baru menikah. Semua pilihan kembali kepada Anda untuk memilih tempat tinggal yang disukai. Pilihlah tempat yang membuat Anda nyaman dan bisa hidup bahagia bersama pasangan Anda. Jika Anda ingin sewa rumah atau apartemen, maka Anda bisa menggunakan Cicilsewa.

Dengan Cicilsewa, Anda bisa sewa rumah atau apartemen tanpa perlu bayar biaya sewa secara penuh di muka. Cicilsewa adalah solusi sewa properti terdepan di Indonesia yang memudahkan masyarakat memperoleh sewa hunian dan ruang usaha seperti Apartemen, Rumah, Ruko, dan Kantor. Lewat Cicilsewa, Anda dapat memperoleh properti idaman dengan cicilan bulanan tanpa perlu khawatir pembayaran di muka yang membebani akses hunian dan ruang usaha.

Share