5 Cara Kelola Uang THR Lebaran di Masa Pandemi 5/5 (1)

5 Cara Kelola Uang THR Lebaran di Masa Pandemi

Lebaran menjadi momen paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang terutama para pekerja. Pasalnya, setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri semua perusahaan akan membayarkan uang Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawan. Tentu hal ini menjadi kebahagiaan dan rezeki berlimpah yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

THR merupakan kewajiban yang mesti dibayarkan oleh perusahaan sebagai pendapatan pekerja menjelang hari raya keagamaan dalam bentuk uang. Namun, tak jarang saat memperoleh THR kita justru sering menghabiskannya untuk hal yang tak penting. Saat menjelang lebaran, misalnya sebagian orang akan membelanjakan uang THR untuk membeli baju baru, jalan-jalan, dan hal lain yang sifatnya boros. Menggunakan THR untuk membeli produk terbaru tidaklah salah, namun Anda harus tetap berhati-berhati supaya pengeluaran terkontrol. Terlebih lagi, di saat pandemi ini kita mesti bisa lebih bijaksana dalam soal pengeluaran. Nah, berikut ini ada beberapa cara mengelola uang THR supaya arus keuangan Anda tetap aman dan terjaga.

1. Bayar Utang

Utang merupakan sebuah kewajiban yang harus dibayarkan oleh peminjam. Bayar utang bisa dilakukan saat Anda mendapatkan uang THR. Membayar utang bisa jadi cara mengalihkan uang THR saat pandemi ini. Dengan menggunakan 10% dana THR untuk membayar utang, maka kedepannya tabungan Anda akan lebih aman. Anda tak perlu lagi menyisihkan uang untuk membayar utang yang belum dilunasi.

2. Untuk Konsumsi

Selama bulan Ramadhan, pengeluaran lebih besar cenderung berasal dari biaya konsumsi. Biaya tersebut untuk membeli makanan, pakaian, memperbaiki rumah atau membeli hadiah untuk orang tua. Hal tersebut tidaklah salah, namun uang THR tetap harus Anda kendalikan dengan baik.

3. Ditabung

Uang THR bisa dibilang rezeki yang Anda peroleh setahun sekali. Oleh karena itu, manfaatkan dengan baik dengan menabung uang tersebut. Anda harus berpikir bahwa hidup akan terus berjalan bukan hanya saat bulan Ramadhan saja. Jadi, uang THR bisa Anda simpan atau ditabung sebagai dana darurat yang sewaktu-waktu bisa digunakan dalam kondisi mendesak.

4. Bayar Zakat

Sebagai umat muslim, menunaikan zakat fitrah adalah sebuah kewajiban. Anda bisa membayar zakat dari uang THR yang diterima dengan besaran minimal 2,5%. Usahakan membayar zakat ke lembaga resmi atau kelompok pengelola dana zakat terpercaya supaya penyaluran tepat sasaran.

5. Investasi

Cara mengelola dana THR terakhir adalah mempergunakannya untuk investasi. Saat pandemi ini, Anda harus benar-benar bijaksana dalam menggunakan dana yang dimiliki. Terlebih dengan adanya larangan mudik, semestinya uang THR bisa dialokasikan untuk hal lain seperti investasi saham atau membuka bisnis baru. Ada banyak macam bisnis yang bisa dijalankan dan potensi meraup untung besar tahun ini.

Anda bisa mencoba bisnis kuliner, skincare, atau aksesoris fashion dan gadget yang pastinya selalu dicari tiap waktu. Soal tempat, Anda bisa sewa Ruko per bulan sekarang. Bayar sewa Ruko bisa bulanan di Cicilsewa.id. Anda bisa sewa ruko atau rumah tanpa perlu membayar biaya sewa secara penuh di muka. Cicilsewa adalah solusi sewa properti terdepan di Indonesia yang memudahkan masyarakat memperoleh sewa hunian dan ruang usaha seperti Apartemen, Rumah, Ruko, dan Kantor. Lewat Cicilsewa, Anda dapat memperoleh tempat usaha dengan cicilan bulanan tanpa perlu khawatir pembayaran di muka yang membebani.

 

Please rate this

Cicilsewa