Home / Blog / blog1 / 5 Alasan Kenapa Anda Harus Memulai Usaha Sampingan

5 Alasan Kenapa Anda Harus Memulai Usaha Sampingan

5 Alasan Kenapa Anda Harus Memulai Usaha Sampingan

by: Admin

blog1

Tuesday, 13 Sep 2022

Jika diperhatikan, ada fenomena yang menarik dari pekerja kantoran saat ini. Banyak dari mereka yang mencoba memanfaatkan peluang untuk membuka usaha sampingan. Hal itu pun dilakukan bukan tanpa alasan, biasanya mereka melakukan untuk memperoleh pendapatan tambahan.

Berkat tren pekerjaan yang banyak berubah, banyak dari kita bisa bekerja dari rumah dan mempunyai waktu luang cukup banyak. Hal itulah yang membuat sebagian besar dari pekerja memutuskan untuk memanfaatkan waktu luang dengan optimal seperti menjalankan usaha sampingan, yang tentunya bisa dijadikan sebagai pemasukan tambahan.

Dari jam kerja yang harus dipenuhi dalam satu hari, sebenarnya kita masih bisa menyisihkan sedikit waktu untuk mengurus usaha sampingan, Anda hanya perlu cerdas dalam mengatur waktu dan juga memanfaatkan waktu istirahat dengan maksimal saat sedang bekerja di kantor.

 

Kenapa Harus Buka Usaha Sampingan?

Sebelum membahas keuntungan membuka usaha sampingan, perlu Anda ingat bahwa sebenarnya tidak ada istilah ‘gagal’ dalam memulai usaha sampingan, hal ini dikarenakan kegiatan tersebut memang hanya sebagai bisnis sampingan saja atau untuk mencari penghasilan tambahan. 

Berikut beberapa alasan kenapa Anda seharusnya mencoba usaha sampingan:

 

1. Memiliki Uang Tambahan

Dengan memiliki bisnis sampingan, Anda dapat menambah pundi-pundi pendapatan untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup. Selain itu, uang tambahan ini bisa juga Anda gunakan untuk tabungan masa depan dan keluarga. 

 

2. Persiapan Pensiun untuk Masa Depan

Bagi para pekerja kantoran, pertimbangan untuk memiliki rencana pensiun adalah hal yang wajib. Dengan mempunyai usaha sampingan yang menjanjikan, rencana pensiun akan menjadi lebih mudah dipenuhi.

Usaha sampingan ini bisa Anda jadikan sebagai sumber pendapatan baru atau hanya sekedar mengisi aktivitas masa tua. Pasalnya, aktivitas harian pasca pensiun sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan mental Anda.

 

3. Memperluas Network dan Mengasah Skill

Salah satu cara terbaik untuk mengembangkan dan membangun diri Anda secara profesional adalah dengan memperluas networking. Memiliki usaha sampingan dapat membantu Anda membangun jaringan dan bertemu banyak orang baru. 

Selain itu, dengan membangun usaha sampingan kita juga bisa mengasah skill baru, mulai dari manajemen, mengurus operasional usaha sehari-hari, bahkan juga kemampuan berkomunikasi. 

 

4. Peluang Pasar yang Masih Terbuka Lebar

Jika Anda adalah seorang yang kreatif, maka banyak hal yang dapat dijadikan bahan bisnis untuk usaha sampingan. Pastikan dari usaha sampingan yang akan dibuka, entah itu usaha barang atau jasa, memang ada yang berminat membeli. Jika Anda menyediakan produk yang high demand dan competitor-nya belum banyak, maka peluang mendapatkan keuntungannya semakin terbuka lebar.

Agar usaha bisa tepat sesuai dengan perencanaan, Anda juga harus mempertimbangkan besarnya kompetisi yang akan dihadapi nantinya. Anda dapat melakukan survei kecil-kecilan tentang opini masyarakat, atau bisa dimulai dari orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman dekat, terhadap ide produkmu.

 

5. Aktualisasi Diri

Saat Anda merasa stuck dalam menjalankan pekerjaan di kantor, atau bahkan Anda merasa bahwa pekerjaan di kantor saat ini tidak sesuai dengan passion yang dimiliki, maka usaha sampingan dapat mengajarkan Anda banyak hal yang tidak akan Anda dapatkan saat menjadi pegawai kantoran.

Proses ini dinamakan aktualisasi diri, namun perlu Anda ingat bahwa terkadang pelajaran ini datangnya dari kegagalan. Namun, sejatinya dari kegagalan ini Anda dapat terus-menerus membenahi usaha sampingan yang dijalankan dan bahkan mengembangkannya menjadi lebih baik lagi.

Itu tadi beberapa keunggulan dari memulai usaha sampingan. Belum terlambat untuk memulai usahamu sekarang!

 

Share