Home / Blog / blog1 / 4 Tips Menata Ruko Tempat Usaha supaya Toko Menjadi Lebih Menarik

4 Tips Menata Ruko Tempat Usaha supaya Toko Menjadi Lebih Menarik

4 Tips Menata Ruko Tempat Usaha supaya Toko Menjadi Lebih Menarik

by: Admin

blog1

Tuesday, 04 Jan 2022

Di era yang serba modern saat ini, berbelanja di online shop merupakan salah satu hal yang lumrah. Namun, bagi kamu yang lebih senang berbelanja offline, pastinya akan lebih memilih untuk datang ke toko, apalagi kamu bisa melihat langsung dan memegang produk sebelum memutuskan untuk membeli.

Mendatangi toko offline juga dapat menjadi sarana refreshing, apalagi jika interior ruko menarik dan instagramable. Suasana interior yang nyaman dan tepat sasaran dengan pengunjung akan sangat berperan penting dalam menarik konsumen saat berbelanja di ruko.

Selain itu, faktor kenyamanan adalah hal utama supaya pengunjung betah di toko untuk mencuci mata atau mencari barang yang dibutuhkan.

Di bawah ini ada beberapa tips sederhana bagi pemilik toko untuk menata ruko tempat usahanya agar pengunjung bisa merasa nyaman dan betah:

 

1. Desain yang Tepat

Desain untuk interior dan eksterior ruko yang akan kamu jadikan tempat bisnis harus sesuai dengan bisnis yang akan dijalani. Tentunya desain interior dan eksterior ini akan mempresentasikan identitas usaha yang kamu jalani. Apa yang kamu tampilkan kepada pengunjung, maka itulah yang kamu jual. Misalnya, desain untuk toko pakaian tentunya akan berbeda dengan desain untuk restoran makanan.

 

2. Pencahayaan yang Maksimal

Unsur pencahayaan pada ruko sangat penting untuk kenyamanan pengunjung. Jika ruko kamu memiliki cahaya yang terang, maka pengunjung akan lebih nyaman untuk menelusuri isi ruko, dan kemungkinan untuk mereka melakukan pembelian tentu akan meningkat pula. Pencahayaan ini juga memengaruhi mood pengunjung, loh.

 

3. Kendalikan Mood Pengunjung

Selain tampilan visual yang menarik, kamu juga bisa menambahkan pengalaman lebih melalui panca indra lainnya, seperti menambahkan aroma ruangan, suara, dan lain sebagainya. memasang pengharum ruangan contohnya, tentu hal ini juga harus disesuaikan dengan produk yang kamu pasarkan. Misalnya pengharum beraroma bunga-bungaan untuk produk fashion atau aroma yang segar jika kamu menjual produk olahraga.

Ini juga sama dengan musik yang akan kamu putar di dalam ruko. Jika kamu memiliki bisnis fashion atau minimarket, maka pilihlah musik yang easy listening supaya pengunjung betah berlama-lama di dalam toko. Jika kamu memiliki bisnis cafe, maka kamu bisa memainkan lagu-lagu pop yang terbaru karena tipe lagu ini umumnya diminati para pengunjung cafe.

 

4. Tempat Parkir

Inilah hal penting yang tidak boleh terlupakan. Adanya lahan parkir sangat penting untuk menarik minat pengunjung. Jika tidak ada lahan parkir, maka pengunjung yang membawa kendaraan pribadi cenderung lebih enggan mampir ke toko kamu dan lebih memilih untuk berkunjung ke toko lain.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu terapkan dalam menata ruko usaha yang kamu jalani agar bisnismu bisa berjalan lebih lancar.

Nah, setelah tahu kiat-kiat untuk menata ruko supaya lebih nyaman, kamu bisa mulai menyewa ruko untuk bisnis kamu. Menyewa merupakan salah satu opsi yang dapat dipilih pebisnis pemula agar tidak mengeluarkan banyak biaya jika ternyata titik lokasi usaha tersebut kurang ramai pengunjung. Umumnya, menyewa mewajibkan penyewa untuk membayar biaya sewa setahun (atau lebih) di muka, namun dengan Cicilsewa kamu bisa melakukan pembayaran sewa secara bulanan, lho! Dengan membayar secara bulanan, kamu dapat mengalokasikan dana lebih untuk membuat ruko tempat usahamu menjadi lebih nyaman!

 

Share