Frequently Asked Questions

Apa itu Cicilsewa?

Cicilsewa adalah perusahan property technology (proptech) yang memberikan alternatif metode pembiayaan di dalam bidang sewa menyewa properti.

Siapakah yang dapat menjadi agen Cicilsewa?

Agen properti yang sudah terdaftar. Agen independen pun juga dapat mendaftarkan dirinya sebagai agen di Cicilsewa.

Apa Kebijakan Penyewa?

Untuk semua tipe properti, penyewa dan pemilik harus menyerahkan dokumen, tanda tangan perjanjian (sebagaimana yang disebutkan dalam Kebijakan Dokumen) dan membayar deposit fee (untuk penyewa).

Pencairan dana kepada pemilik properti (maksimum h+2 dari tanggal tanda tangan perjanjian) setelah dilakukannya pemeriksaan, survei dan akad.

Jika ada penyewa yang mengunggah dokumen yang tidak sah, Cicilsewa dapat menolak dokumen tersebut dan membatalkannya. Jika hanya melakukan kesalahan dalam penyerahan data, penyewa masih dapat melengkapi kembali dokumen tersebut.

Dokumen apa saja yang diperlukan untuk mengajukan Cicilsewa?

Untuk Penyewa:
  • Kartu Keluarga (KK)
  • KTP (Kartu Identitas)
  • NPWP
  • Rekening Koran (3 bulan terakhir)
Untuk Pemilik Properti:
  • KTP
  • Kartu Keluarga (KK)
  • NPWP
  • Legalitas SHM (Sertifikat Hak Milik)
  • SPPT PBB (Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Pajak Bumi Bangunan)
  • IMB (Izin Mendirikan Bangunan)
* Dan dokumen tambahan lainnya yang kami butuhkan sesuai dengan status pemilik/penyewa.

Bagaimana skema cicilan di Cicilsewa?

Skema cicilan di Cicilsewa adalah DP minimum 30% dari total nilai properti, dan biaya layanan 18% dari biaya cicilan bulanan.
Hubungi kami untuk mengetahui biaya khusus korporat.

Berapa lama saya bisa menggunakan layanan Cicilsewa?

1 tahun atau 2 tahun, dan bisa diperpanjang setelah periode berakhir.

Apakah ada Biaya Penalti Keterlambatan?

Penalti untuk keterlambatan pembayaran adalah 0.3% per hari dari jumlah tagihan di bulan tersebut.

Jika penyewa pindah atau tidak menggunakan properti yang disewa sebelum menyelesaikan masa sewa, penyewa akan diminta untuk tetap melunasi biaya sewa sampai selesainya masa cicilan.

Bagaimanakah sistem pembayaran sewa dan prosedurnya jika terjadi keterlambatan pembayaran?

Penyewa diharapkan membayar DP sebesar 30% atau lebih.

Bila terjadi keterlambatan pembayaran, terhitung H+1 akan dikenakan denda 0.3% per hari dari jumlah tagihan di bulan tersebut.

Apabila terjadi keterlambatan pembayaran lebih dari 14 hari, maka akan dilakukan konsekuensi tindak lanjut oleh pihak Cicilsewa.

Bagaimanakah jika terjadi pencurian dan atau kehilangan di properti yang disewakan?

Penyewa bertanggung jawab atas barang-barang pribadinya di dalam kamar dan unit properti, Cicilsewa tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan dan kehilangan barang-barang tersebut.

Untuk perihal maintenance/perawatan dan jika terjadi kerusakan dan/atau pencurian, bisa langsung menghubungi pihak agen terkait atau langsung menghubungi pemilik dari properti tersebut.