Memilih Sewa Apartemen atau Sewa Rumah? Berikut Pertimbangannya No ratings yet.

Memilih Sewa Apartemen atau Sewa Rumah? Berikut Pertimbangannya

Tempat tinggal merupakan kebutuhan utama bagi semua orang. Baik pribadi maupun keluarga pastinya membutuhkan tempat tinggal yang bisa menyesuaikan dengan keperluan. Di era modern saat ini, Anda dapat memilih sewa rumah atau sewa apartemen. Keduanya, merupakan hunian dengan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sudah pasti akan ada banyak hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih keduanya. Anda tentu memprioritaskan manfaat yang di dapat dari hunian tersebut. Dua hunian itu sama-sama memberikan kelebihan yang berbeda.

Hunian vertikal seperti apartemen, sedikit lebih unggul sebagai hunian yang banyak dipilih masyarakat. Fasilitas dan akses mudah menjadi alasan masyarakat memilihnya. Sedangkan sewa rumah, dianggap lebih terjangkau dari sisi harga.

Nah, biar jangan bingung menentukan pilihan sebaiknya perhatikan perbandingan sewa apartemen dan rumah.

 

1. Perbandingan Fasilitas

Bandingkan fasilitas yang didapat antara apartemen dan rumah. Menyewa apartemen tentu si penghuni akan mendapat banyak pelayanan. Biasanya, apartemen telah dilengkapi dengan fasilitas seperti kolam renang, tempat olahraga, tempat parkir, ruang bermain, dan sebagainya.

Sementara, jika Anda memilih sewa rumah, maka semua fasilitas yang diberikan seperti pada apartemen belum tentu tersedia. Ketika tinggal di rumah biasanya anda akan gunakan fasilitas tersebut dengan membayar dan berada di luar area.

 

2. Lokasi

Lokasi merupakan faktor penting untuk diperhatikan sebelum memutuskan sewa apartemen atau rumah. Lokasi menentukan akses transportasi menuju tempat-tempat yang ingin dituju. Umumnya apartemen berada di lokasi strategis yang dekat dengan pusat perkantoran, perbelanjaan, dan pendidikan. Lokasi apartemen juga berada di pusat perkotaan atau sekitarnya sehingga memudahkan mobilitas saat kerja. Apartemen dengan lokasi strategis tentu bisa menghemat biaya transportasi dan waktu perjalanan.

Sementara itu, hampir sama dengan apartemen, lokasi rumah juga banyak tersebar di perkotaan. Namun, untuk kota besar seperti di Jakarta, hunian rumah jarang berada di pusat langsung perkantoran. Kemudian, jika anda memilih sewa rumah di perkotaan juga harus siap dengan biayanya. Harga sewa rumah di perkotaan jauh lebih mahal dibandingkan di luar perkotaan. Oleh karena itu, sekarang ini banyak yang lebih memilih tinggal di daerah penyangga seperti Depok, Bekasi, Tangerang, atau Bogor.

 

3. Lingkungan

Lingkungan adalah faktor penting yang dapat membuat penghuni merasa nyaman. Antara apartemen dengan rumah memiliki perbedaan lingkungan yang sangat mencolok. Seperti kita tahu, apartemen memiliki lingkungan dengan tingkat privasi yang tinggi. Anda belum tentu dapat mengenal penghuni yang ada di sekitar apartemen Anda sendiri. Lingkungan apartemen boleh dibilang kental suasana individual atau minimnya keakraban sosial antar penghuni.

Sementara memilih hunian rumah tentu sedikit mendorong anda untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Terlebih ketika anda memilih sewa rumah, Anda diharuskan wajib lapor kepada ketua rukun warga setempat. Selain itu, model rumah yang terbuka memudahkan komunikasi dengan orang-orang di sekitar.

 

4. Keamanan

Sistem keamanan tempat tinggal juga harus masuk dalam prioritas utama. Sistem keamanan antara apartemen dengan rumah sangat berbeda. Ketika, memilih sewa apartemen, pihak pengelola tentu sudah membentuk sistem keamanan untuk semua penghuni. Umumnya, di apartemen tersedia layanan security 24 jam, CCTV, dan sistem keamanan lain seperti penggunaan finger security atau card security saat akan masuk ke apartemen.

Sementara itu, hunian rumah memiliki sistem keamanan kolektif. Umumnya, sistem keamanan rumah dilakukan oleh petugas atau satpam yang akan menjaga secara bergantian selama 24 jam. Beberapa wilayah perumahan juga menempatkan CCTV untuk menjaga keamanan. Selebihnya, sistem keamanan dilakukan oleh kesadaran penghuni itu sendiri.

 

5. Harga

Nah, harga sewa apartemen atau rumah tidak jauh berbeda. Harga sewa apartemen memang cukup tinggi dibandingkan sewa rumah. Sewa apartemen yang tinggi didasarkan pada fasilitas, lokasi strategis, dan layanan yang didapat. Sedangkan, umumnya harga sewa rumah relatif di bawah harga sewa apartemen. Jadi, sebaiknya prioritaskan kebutuhan anda sebelum memilih sewa apartemen atau rumah sebagai tempat tinggal. Pilihlah dengan cermat, maka anda akan menemukan sesuai dengan kebutuhan.

Mau sewa apartemen atau rumah dengan cicilan terjangkau? Kamu bisa mendapatkannya melalui cicilsewa.id. Bersama cicilsewa.id kamu tidak perlu bayar penuh selama setahun. Cicilsewa.id adalah solusi sewa properti no.1 di Indonesia yang memudahkan masyarakat memperoleh sewa hunian dan ruang usaha seperti Apartemen, Rumah, Ruko, dan Kantor di lokasi paling strategis dan akses termudah. Lewat cicilsewa.id, Anda dapat memperolehnya dengan cicilan bulanan tanpa perlu khawatir pembayaran di muka yang akan membebani kepemilikan hunian dan ruang usaha.

 

Please rate this

Cicilsewa