Begini Cara UMKM Bangkit dari Keterpurukan Selama Pandemi Corona No ratings yet.

cara-umkm-bangkit-dari-keterpurukan-selama-pandemi-corona

Sudah kurang lebih tiga bulan Indonesia dilanda pandemi virus Corona (Covid-19). Dampaknya sangat dirasakan oleh semua orang terlebih bagi dunia usaha. Begitu banyak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terpukul karena tidak bisa menjalani usahanya dengan normal atau mengalami kebangkrutan. 

Meskipun dalam kondisi berat menghadapi pandemi virus, para UMKM mesti bangkit dan memulai usahanya kembali. Rencana penerapan New Normal oleh pemerintah bisa jadi langkah awal bagi UMKM untuk bangkit. Sementara, aktivitas masyarakat juga akan dilonggarkan kembali seperti bekerja di kantor, keluar rumah, ke pusat perbelanjaan dan lain-lain. Sedikit mengenai New Normal yang akan kita jalani adalah sebuah skenario untuk menghadapi Covid-19 dalam bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi. 

Mengenai bagaimana UMKM perlu bangkit dengan strategi tepat agar tidak membuang-buang waktu. Pelaku UMKM mesti memperhatikan beberapa saran ini supaya memastikan ke depan bisnis bisa meraup untung cepat dan berhasil menjaga relasi dengan konsumen.

 

1. Inovasi Bisnis

Cara membangkitkan UMKM kembali adalah dengan Inovasi bisnis. Kondisi pandemi ini ternyata memaksa berbagai perubahan pola konsumsi masyarakat dari tahun sebelumnya. Selain itu, kebiasaan orang-orang juga sedikit banyak akan mempengaruhi apa yang akan mereka konsumsi. 

Salah satu contoh misalnya dengan menjual produk alat kesehatan atau perlindungan diri. Contoh produk seperti masker, hand sanitizer, hand glove, kemungkinan besar akan tetap dicari orang. Pasalnya, orang-orang mulai menyadari pentingnya menjaga kebersihan diri setelah mengalami masa pandemi ini. Di samping itu, Anda bisa juga menjual obat-obatan herbal, vitamin, dan lain-lain.

Selain produk kesehatan, dalam masa pandemi ini orang juga mencoba membiasakan hidup sehat dengan berolahraga. Produk yang bisa dijadikan bisnis adalah menjual peralatan olahraga seperti sepeda. Berinovasi bisnis dengan menjual sepeda cukup menarik. Nyatanya, sekarang kita sering menjumpai orang-orang lebih senang bersepeda dengan tujuan mendapatkan kesehatan untuk menjaga imunitas diri.

 

2. Perhatikan Perilaku Konsumen

Selanjutnya, cara beradaptasi bagi pelaku UMKM selama pandemi ini adalah dengan cepat memahami perubahan perilaku konsumen. Hal ini juga terkait dengan inovasi produk yang sudah Anda lakukan. Maka dari itu, perhatikan perubahan tempat dan perilaku mereka, supaya Anda tidak kehilangan konsumen.

Ketika aturan New Normal berlaku, mungkin Anda mesti mempersiapkan fasilitas yang mengutamakan kebersihan lingkungan. Jika Anda punya tempat usaha makan atau layanan lain, segera mengatur jarak aman bagi konsumen sesuai dengan protokol kesehatan. Di samping itu, menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, atau masker bagi pengunjung toko Anda sangat membantu supaya mereka merasa terlindungi kesehatannya. Lakukan inovasi pada produk maupun services sesuai dengan perubahan preferensi dan perilaku konsumen.

 

3. Merencanakan Ulang Anggaran

Pelaku UMKM tidak perlu khawatir bila ternyata dampak Corona selama ini sudah membuat usaha menjadi kacau bahkan sampai harus menjual aset tempat usaha. Pelaku UMKM bisa bangkit memulai usaha kembali dengan mengandalkan sewa tempat usaha. Menyewa tempat usaha terbilang minim resiko bagi pelaku UMKM untuk saat ini. Terlebih lagi, mengingat penerapan aturan New Normal, maka tidak ada masalah menyewa tempat usaha yang nantinya bisa mendatangkan konsumen ke tempat Anda.

 

Mengapa sewa tempat lebih menjanjikan bagi pelaku UMKM sekarang ini?

Semua UMKM yang terdampak pandemi tentu harus mempersiapkan budget atau anggaran untuk memulai usahanya kembali. Budget yang dipikirkan termasuk alokasi keperluan biaya operasional dan biaya-biaya lain. Dengan menyewa tempat, Anda tidak perlu membeli aset yang memerlukan dana besar sehingga merepotkan modal usaha Anda. 

Menyewa tempat usaha lumayan memangkas anggaran biaya ketimbang Anda harus aset di awal. Menyewa tempat dalam prinsip ekonomi termasuk Operating Expenditure (Opex) dimana hal ini lebih sebagai biaya operasi. Sebagai contoh, ketika Anda menyewa tempat, Anda hanya perlu mengeluarkan dana untuk keperluan biaya listrik atau air yang sesuai dengan pemakaian usaha. Maka, jangan ragu untuk membuka usaha dengan menyewa tempat, dengan begitu ide bisnis bisa mulai berjalan dan menggaet kembali semua konsumen Anda. 

Tapi sebelum menyewa tempat usaha, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.

 

Lihat Produk yang mau Dijual

Sebelum menyewa ruko, sebaiknya ketahui produk apa yang akan kamu jual. Cermati produk yang dijual, setelah itu baru menentukan lokasi ruko yang tepat. Menyesuaikan produk dengan ruko secara cermat akan membuahkan hasil keuntungan yang maksimal. 

 

Lokasi

Umumnya, lokasi ideal tempat usaha adalah yang mudah terlihat banyak orang, dekat dengan jalan umum, dan bisa diakses dari berbagai arah. Namun, untuk lebih spesifik saat mencari lokasi harus menyesuaikan dengan jenis usaha. 

 

Kondisi Ruko

Sekarang ini, banyak ruko yang ditawarkan merupakan bangunan baru. Ruko dengan bangunan baru tentu memiliki kondisi yang masih bagus mulai dari dinding, atap, pintu, dan sebagainya. Memilih ruko baru lebih diuntungkan karena tidak perlu melakukan renovasi. Sedangkan ruko bangunan lama harus siap dengan biaya perbaikan jika sewaktu-waktu mengalami masalah.

 

Harga

Soal harga usahakan untuk melakukan perbandingan dengan harga sewa ruko lainnya. Pastikan harga ruko yang ditawarkan ke Anda sudah sama dengan harga pasaran di daerah tersebut. Di saat pandemi, sangat mungkin pemilik toko memberikan penawaran harga yang menarik misalnya dapat dicicil selama per bulan, per enam bulan, atau lebih dari itu. Maka, jangan segan-segan bernegosiasi dengan pemilik ruko agar Anda mendapatkan kemudahan pembayaran.

Mencari tempat usaha dengan lokasi strategis tidak lagi sulit. Harga yang terjangkau, bangunan baru yang kokoh, serta cicilan terjangkau bisa Anda dapatkan melalui cicilsewa.id. Bersama cicilsewa.id kamu tidak perlu bayar penuh selama setahun. Cicilsewa.id adalah solusi sewa properti no.1 di Indonesia yang memudahkan masyarakat memperoleh sewa hunian dan ruang usaha seperti Apartemen, Rumah, Ruko, dan Kantor di lokasi paling strategis dan akses termudah. Lewat cicilsewa.id, Anda dapat memperolehnya dengan cicilan bulanan tanpa perlu khawatir pembayaran di muka yang akan membebani kepemilikan hunian dan ruang usaha.

 

Please rate this

Cicilsewa