Home / Blog / blog1 / 5 Tips Supaya Tetap Nyaman saat Tinggal di Rumah Kontrakan

5 Tips Supaya Tetap Nyaman saat Tinggal di Rumah Kontrakan

5 Tips Supaya Tetap Nyaman saat Tinggal di Rumah Kontrakan

by: Admin

blog1

Sunday, 24 Jul 2022

Memiliki rumah sendiri sering kali menjadi impian bagi banyak orang, bahkan Anda mungkin termasuk salah satunya. Namun pada kenyataannya, membeli rumah membutuhkan waktu dan dedikasi, sehingga beberapa orang memilih untuk tinggal di sebuah rumah kontrakan untuk sementara waktu.

Meskipun belum memiliki hak kepemilikan atas rumah tersebut, tetapi rumah kontrakan tetap bisa dibuat terasa seperti rumah sendiri, lho! Dengan beberapa kiat yang tepat, Anda bisa menciptakan suasana rumah kontrakan menjadi lebih nyaman layaknya rumah sendiri! Yuk, simak beberapa tips di bawah ini!

 

Tips Tinggal dengan Nyaman di Rumah Kontrakan

 

1. Hindari Perabotan yang Berat

Kadang rumah kontrakan memiliki luas yang terbatas. Hal ini tentu saja memaksa Anda untuk lebih cerdik menata setiap sudut rumah. Salah satu contoh yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari penggunaan furnitur yang berat dan besar. Hal ini dilakukan untuk menghindari rumah terasa sempit.

Dilansir dari My Urban Jungle, Anda bisa mengombinasikan perabotan kecil dan sedang untuk mengisi ruangan. Pastikan juga untuk menggunakan perabotan dalam jumlah yang cukup supaya rumah tidak terasa penuh.

 

2. Tambahkan Pernak-Pernik Personal

Jangan biarkan rumah kontrakan Anda terlihat kosong dan polos. Walau hanya menyewa, Anda tetap bisa menambahkan sentuhan pribadi di rumah tersebut dengan berbagai dekorasi dan pernak-pernik.

Gunakan dekorasi yang Anda sukai. Misalnya, foto keluarga di dinding (jika diperbolehkan untuk memaku di dinding), meletakkan pigura foto di meja, sampai memasang dekorasi lainnya di dinding rumah. Tentunya ini akan membuat rumah terasa lebih homey.

 

3. Tambah Tanaman Hias

Jika ingin menghidupkan suasana di rumah kontrakan jadi lebih asri, maka Anda bisa menghias rumah dengan tanaman hias kesukaan Anda. Tak hanya membuat rumah jadi lebih cantik, tanaman hias juga bisa meningkatkan kualitas udara di dalam rumah

 

4. Rajin Membersihkan Rumah

Sama seperti memiliki rumah sendiri, Anda juga perlu membersihkan rumah yang disewa dengan baik dan rapi supaya tetap terasa nyaman saat tinggal di dalamnya. Anda bisa mulai bersih-bersih saat akan menempati kontrakan tersebut untuk memastikan keadaan rumah bersih dan nyaman sejak awal.

 

5. Memahami Batasan

Karena bukan milik pribadi, maka Anda harus sering berkomunikasi dengan pemilik rumah sebelum mendekorasi atau mengubah interior rumah yang Anda tempati. Ini tentunya menjadi hal penting, karena Anda harus tahu apa saja batasan-batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan di rumah.

Menurut Moving.com, ada dua jenis pemilik rumah kontrakan. Pertama adalah yang memperbolehkan para penyewanya mengecat ulang rumah atau memaku dinding. Kedua adalah pemilik rumah yang melarangnya. Dengan menjalin komunikasi, Anda akan tahu batasan yang dimiliki dan lebih mudah menata seperti apa desain interior yang cocok untuk rumah kontrakan yang Anda tempati.

 

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar tetap nyaman saat tinggal di rumah kontrakan.

Namun, tak hanya menerapkan tips di atas saja, sejak awal Anda juga harus memerhatikan beberapa faktor lain saat tinggal di rumah sewa. Salah satunya adalah modal atau biaya sewa rumah.

Sekarang, Anda tidak perlu khawatir soal biaya sewa rumah kontrakan yang mahal, karena ada Cicilsewa yang menyediakan metode pembayaran solutif. Rumah kontrakan yang harus dibayar setahun jadi bisa dibayar bulanan dengan Cicilsewa. Anda jadi bisa menyewa rumah kontrakan yang sesuai dengan keinginan Anda!

 

Share